BAPPEDA JABAR - KELUHAN MASYARAKAT: SAMPAI KAPAN?
KELUHAN MASYARAKAT: SAMPAI KAPAN?
28 May 2013 19:52
  1. Setiap hari, hampir seluruh PNS Bappeda mendengar atau melihat/membaca berita berisi keluhan masyarakat yang dinyatakan dengan keluhan bersifat kecewa yaitu SAMPAI KAPAN?.
  2. Sampai kapan hal ini terjadi : Banjir Cileuncang, macet untuk lalu lintas, kotor untuk lingkungan.
  3. Dalam bentuk layanan birokrasi, sampai kapan hal ini terjadi : birokrasi berbelit-belit, layanan yang lambat atau jauh dari tepat waktu, kepuasan layanan kesehatan, mahal biaya uang pangkal sekolah.
  4. Sampai kapan? Pernyataan ini harus diluruskan dalam cara pandang a). Perbaikan harus dilakukan oleh birokrat/aparat atau b). Perbaikan juga harus dilakukan oleh yang menyatakan keluhan.
  5. Terhadap keluhan masyarakat khusunya terhadap pernyataan SAMPAI KAPAN? perlu dijawab dengan baik dan perlu ada batas waktu yang dinyatakan/diumumkan.
Copyright © Humas Bappeda Provinsi Jawa Barat 2022