BAPPEDA JABAR - Geyser Cisolok: Hanya Ada 2 di Dunia, Salah Satunya di Jabar
Geyser Cisolok: Hanya Ada 2 di Dunia, Salah Satunya di Jabar
21 May 2021 08:39

KABUPATEN SUKABUMI – Sudah pernah ke Geyser Cisolok? Kawasan ini masuk ke dalam Geopark Ciletuh Pelabuhanratu yang sudah mendapatkan pengakuan dunia dari UNESCO.

Pada Jum’at (21/5) lalu, Kepala Bappeda Jabar beserta Kemenkomarves dan Perekonomian RI berkesempatan mengunjungi Geyser Cisolok untuk meninjau langsung dan memberikan beberapa evaluasi terkait kawasan ini.

Salah satu yang dievaluasi adalah terkait kebersihan Kawasan Geyser Cisolok. Oleh karenanya kawasan ini memerlukan adanya pembangunan kembali agar meningkatkan pengelolaan untuk Kawasan Geyser Cisolok ini.

Sebab untuk menikmati fasilitas yang ada di Geyser Cisolok ini, pengunjung tidak dikenai retribusi. Sehingga yang terjadi adalah banyaknya pedagang dan juga pengunjung yang kurang menjaga kebersihan area Geyser.

Wargi juga harus tahu kalau Geyser di dunia hanya ada: Brazil dan Indonesia. Kita harus bangga dengan fakta tersebut, terlebih geyser tersebut berada di Provinsi Jawa Barat! Nah Wargi, air di Geyser Cisolok ini memiliki kadar garam yang tinggi, lebih tinggi dari garam laut. Tapi, air di geyser yang bersumber dari Gunung Gede ini juga dapat digunakan untuk merebus telur dengan durasi 5-15 menit.

Kawasan Geyser Cisolok, Kabupaten Sukabumi
Copyright © Humas Bappeda Provinsi Jawa Barat 2022