- Setiap hari, hampir seluruh PNS Bappeda mendengar atau melihat/membaca berita berisi keluhan masyarakat yang dinyatakan dengan keluhan bersifat kecewa yaitu SAMPAI KAPAN?.
- Sampai kapan hal ini terjadi : Banjir Cileuncang, macet untuk lalu lintas, kotor untuk lingkungan.
- Dalam bentuk layanan birokrasi, sampai kapan hal ini terjadi : birokrasi berbelit-belit, layanan yang lambat atau jauh dari tepat waktu, kepuasan layanan kesehatan, mahal biaya uang pangkal sekolah.
- Sampai kapan? Pernyataan ini harus diluruskan dalam cara pandang a). Perbaikan harus dilakukan oleh birokrat/aparat atau b). Perbaikan juga harus dilakukan oleh yang menyatakan keluhan.
- Terhadap keluhan masyarakat khusunya terhadap pernyataan SAMPAI KAPAN? perlu dijawab dengan baik dan perlu ada batas waktu yang dinyatakan/diumumkan.
28 May 2013 19:52