Yerry Jelaskan Isu Strategis Tahun 2019 Wilayah II Purwakarta
Di Posting Oleh : bappeda jabar humas, Tanggal : 27 Mar 2018 14:47 , Dilihat Sebanyak : 207 Kali

PURWAKARTA, BAPPEDA JABAR — Kegiatan Pra Musrenbang Provinsi Jawa Barat melibatkan para perencana pembangunan lintas kabupaten/kota lingkup wilayah koordinasi pemerintahan dan pembangunan (WKPP). Pra Musrenbang membahas dan menyepakati hasil musrenbang kabupaten/kota yang nantinya akan menjadi prioritas provinsi.

Dalam berita sebelumnya telah dibahas mengenai delapan prioritas dalam setiap usulan kegiatan kota/kabupaten di Pra Musrenbang. Selain delapan prioritas tersebut, Yerry Yanuar juga menjelaskan mengenai indikator yang harus diperhatikan oleh Kabupaten/Kota Wilayah II (Purwakarta) dalam membuat usulan kegiatannya.

Isu strategis tahun 2019 untuk wilayah Purwakarta menurut Yerry Yanuar terbagi menjadi:

  1. Pengurangan kemiskinan dan pengangguran
  2. Penurunan ketimpangan melalui optimalisasi konektivitas dan sektor unggulan di wilayah pengembangan dan kawasan strategis provinsi.
  3. Peningkatan pelayanan pendidikan, kesehatan, perumahan, dan pemukiman.
  4. Peningkatan kualitas lingkungan hidup dan pengendalian pemanfaatan ruang.
  5. Penguatan reformasi birokrasi
  6. Optimalisasi modal sosial dalam pembangunan daerah.

Dari isu strategis wilayah II Purwakarta ini, Yerry berharap semua Kepala Perangkat Daerah/Biro Setda Provinsi Jawa Barat yang hadir di Pra Musrenbang Jawa Barat Wilayan II ini bisa memiliki jiwa leadership dan peka terhadap isu-isu yang ada.

“Pemimpin bisa jadi pemimpin, tapi belum tentu memiliki leadership yang baik atau tidak. Persoalan di setiap Kabupaten kota harus dikupas bersama. Perangkat Daerah bersama pemerintah kabupaten/kota dan provinsi saling sharing, sehingga setiap usulan harus memiliki keterkaitan dengan isu strategis,” ungkap Yerry dalam paparannya.

Kepala Bappeda Provinsi Jawa Barat juga berharap, para perencana tidak hanya memikirkan kegiatan untuk satu tahun saja. Tetapi perencana juga harus berpikir untuk 15 tahun kedepan. Para Perencana harus memaknai usulan kegiatan dengan perencaaan yang berkualitas.

Pra Musrenbang Wilayah II Purwakarta digelar di Prime Plaza Hotel dan Resort pada Selasa, 27 Maret 2018. Kabupaten/Kota yang mengikuti Pra Musrenbang Wilayah II di Purwakarta ini adalah Purwakarta, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kabupaten Subang, dan Kabupaten Karawang. (Shinta. WA)