Wawancara Tahap 1 Anugerah Pangripta Nusantara Kabupaten/Kota Tahun 2015
Di Posting Oleh : HUMAS BAPPEDA JABAR, Tanggal : 12 Mar 2015 13:17 , Dilihat Sebanyak : 51 Kali

Anugerah Pangripta Nusantara adalah suatu penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah yang memiliki perencanaan pembangunan terbaik dan dinilai sukses meningkatkan kualitas pembangunan daerah. Sama halnya dengan Bappeda Provinsi Jawa Barat yang mencari Kabupaten/Kota se Jawa Barat yang memiliki perencanaan pembangunan terbaik. Setelah dilakukan penilaian tahap sebelumnya, menghasilkan sembilan Kabupaten/Kota sebagai nominasi peraih Anugerah Pangripta Nusantara dan melanjutkan pada tahapan penilaian selanjutnya, yaitu wawancara tahap 1 yang dilaksanakan pada pukul 19.00 di Ruang Sidang B (10/3). Sembilan Kabupaten/Kota yang terpilih adalah Kota Bekasi, Kota Sukabumi, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor, Kabupaten Garut, Kota Cimahi, Kabupaten Sukabumi, dan Kota Bandung.

Anugerah Pangripta Nusantara diberikan setelah mengikuti seleksi dan penilaian bertahap dan berjenjang oleh suatu tim juri independen yang dibentuk Bappeda Jabar yang tediri dari para ahli berbagai bidang. Adapun tujuan pemberian penghargaan adalah untuk mendorong setiap daerah untuk menyiapkan dokumen rencana pembangunan secara lebih baik, konsisten, komprehensif, terukur serta dapat dilaksanakan. Selain itu untuk menciptakan insentif bagi Pemerintah Daerah untuk mewujudkan perencanaan yang lebih baik dan bermutu.

Tahapan wawancara ini dimulai dari presentasi setiap Kabupaten/Kota nominasi Anugerah Pangripta Nusantara selama lima menit, lalu dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, serta memberikan closing statement. Nominasi pertama adalah Kota Bekasi yang diwakili oleh Kepala Bappeda Kota Bekasi. Beliau mengatakan bahwa dengan Anugerah Pangripta Nusantara ini, diharapkan menjadi tolok ukur bagi Kota Bekasi dan mempunyai inovasi agar perencanaan yang dilakukan mempunyai konsistensi. Kota Sukabumi, sebagai nominasi pun mempunyai harapan terhadap penghargaan ini, diantaranya ingin melihat sistem perencanaan Kota Sukabumi dari kacamata Kabupaten/Kota lain. Lain halnya dengan Kabupaten Majalengka, menjadi semakin tahu arah kebijakan menyusun perencanaan, lalu bagaimana berbuat yang terbaik bagi masyarakat Majalengka adalah motivasi memenangkan Anugerah Pangripta Nusantara. Anugerah Pangripta Nusantara bagi Kabupaten Bekasi adalah untuk memacu meningkatkan pembangunan di Kabupaten Bekasi. Kabupaten Bogor masuk 9 nominasi merupakan pembelajaran yang luar biasa sehingga melalui metode penilaian ini, Kabupaten Bogor dapat menyusun perencanaan yang benar.

Kabupaten Garut sebagai nominasi peraih Anugerah Pangripta Nusantara berharap semoga dengan Anugerah ini dapat memberikan yang terbaik bagi masyarakat Kabupaten Garut. Remarks dari Kota Cimahi adalah ingin meningkatkan kualitas perencanaan di Kota Cimahi dan semoga Pangripta Nusantara diteruskan karena memotivasi Kota Cimahi membuat perencanaan yang lebih baik. Bagi Kota Bandung, mengikuti penilaian Anugerah Pangripta Nusantara merupakan suatu kesempatan untuk bebenah sehingga tahu kelemahan dimana, lalu mengsinkronkan antara perencanaan Bappeda Jabar dan Kota Bandung.

Semua nominasi Anugerah Pangripta Nusantara mempunyai jawaban-jawaban yang baik dan konsisten serta mempunyai tekad untuk membuat perencanaan yang lebih baik lagi kedepannya.