Wakil Bupati Dorong DPRD Wujudkan Perda Purwakarta Istimewa
Di Posting Oleh : HUMAS BAPPEDA JABAR, Tanggal : 15 Jul 2016 17:41 , Dilihat Sebanyak : 30 Kali

PURWAKARTA, (PR).- Wakil Bupati Purwakarta Dadan Koswara meminta DPRD untuk sinergis bersama eksekutif dalam meloloskan rancangan peraturan daerah (Raperda) pelayanan masyarakat Purwakarta istimewa untuk dijadikan Peraturan Daerah (Perda). Pasalnya, peraturan daerah itu sangat penting untuk disahkan dalam rangka pemberian pelayanan publik yang tersistem dan berkesinambungan.

“Siapapun kelak yang akan memimpin Purwakarta kedepan akan berkesinambungan dalam memberikan pelayanan yang istimewa kepada masyarakat,” kata Dadan Koswara, Rabu 13 Juli 2016.

Menurutnya, rancangan Perda tentang Pelayanan Masyarakat Purwakarta Istimewa sedang digodok oleh eksekutif bersama DPRD Kabupaten Purwakarta. Saat ini pembahasan Raperda tersebut baru mencapai tahap satu yakni agenda pandangan umum Fraksi dan pendapat Bupati Purwakarta.

Dikatakannya, Raperda tersebut sangat penting untuk segera disahkan menjadi Peraturan Daerah agar tercipta pelayanan publik yang tersistem. Dengan disahkannnya Raperda itu sistem pelayanan yang optimal kepada masyarakat Purwakarta akan berjalan siapapun nanti yang akan memimpin Purwakarta.

“Negara kita kan negara hukum, jadi seluruh kebijakan ke depan harus memiliki payung hukum. Siapa pun kepala daerah di Purwakarta nanti harus melaksanakan ini sebagai bentuk law enforcement atau penegakan hukum,” ujar Dadan.

Wakil Bupati Purwakarta menegaskan pembangunan di Purwakarta akan lebih terintegrasi dengan keberadaan perda baru ini. Dia menilai, karena pembangunan infrastruktur di Purwakarta sudah berjalan baik maka melalui perda ini perlu ditegaskan pula strategi pemerintah daerah dalam membangun sumber daya manusia.

“Aspek fisik sudah sangat baik. Kalau pun ada kekurangan warga tinggal lapor saja, pasti langsung ditindaklanjuti. Tetapi ke depan harus juga kita bangun mentalitas warga Purwakarta, hak dan kewajiban mereka harus diatur dalam produk hukum. Sehingga mereka menjadi manusia-manusia yang berkualitas karena taat pada hak dan kewajibannya. Selama ini kan lebih getol menuntut hak,” jelasnya.

Sementara itu, Sejumlah wakil rakyat merespon positif tekad Wakil Bupati Purwakarta, Dadan Koswara tersebut. Anggota Fraksi PKB, Hidayat mengaku sangat mendukung program peraturan daerah mengenai pelayanan masyarakat Purwakarta Istimewa. Pasalnya, peraturan daerah itu sangat produktif dalam melanjutkan program pembangunan yang dilaksanakan oleh Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi ini.

“Kedepan, pemimpin baru di Purwakarta dalam melaksanakan programnya sudah memiliki payung hukum. Raperda ini sebenarnya mirip repelita. Oleh karena itu, dewan selayaknya mendukung Raperda ini menjadi Perda,” kata Hidayat. (Taufik Ilyas)