Wagub Deddy Mizwar Minta Presiden Jokowi Bangun Pelabuhan di Jabar
Di Posting Oleh : HUMAS BAPPEDA JABAR, Tanggal : 21 Oct 2014 01:58 , Dilihat Sebanyak : 6 Kali
Bandung – Wakil Gubernur Deddy Mizwar meminta Presiden Joko Widodo untuk membangun pelabuhan untuk mendukung transportasi laut di Jawa Barat. “Ini juga sesuai dengan janji Pak Jokowi tentang transportasi di laut, termasuk juga membangun pelabuhan-pelabuhannya,” kata dia di Bandung, Senin, 20 Oktober 2014.
Deddy mengatakan, Jawa Barat sedikitnya membutuhkan tiga pelabuhan laut di wilayah selatan untuk mendukung visi kemaritiman itu. Tiga lokasi itu di Pangandaran, Pelabuhan Ratu, serta di Cianjur selatan. “Sehingga kapal-kapal besar bisa melaut ke tengah samudra,” kata dia.
Menurut Deddy, potensi perikanan tangkap di selatan Jawa Barat tersia-sia gara-gara tidak ada fasilitas pelabuhan untuk bersandar kapal tangkap ikan berukuran besar. Sejumlah persiapan sudah dilakukan, diantaranya pengerukan untuk alur kapal di Pangandaran, serta pembebasan lahan bakal pelabuhan di Pelbauhan Ratu. “Kita tidak bisa ke tengah laut karena tidak ada pelabuhan untuk kapal-kapal besar,” kata dia.
Deddy berharap pemerintahan Presiden Joko Widodo lebih baik dibandingkan presiden sebelumnya. “Saya berharap bisa lebih baik dibandingkan pemerintahan sebelumnya, kalau gak seperti itu repot, gak optimis kita,” kata dia.
Menurut Deddy sejumlah program yang dijanjikan Joko Widodo sudah ditunggu-tunggu. Diantarnaya, perbaikan pendidikan nasional, program kesehatan, maritim, serta dana infrastruktur desa. “Mudah-mudahan bisa segera terlaksana,” kata Deddy.