Wagub: Bandung Siap Jadi Ikon Pariwisata Halal
Di Posting Oleh : HUMAS BAPPEDA JABAR, Tanggal : 01 Sep 2016 15:33 , Dilihat Sebanyak : 69 Kali

Antarajabar.com.- Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat Deddy Mizwar menuturkan salah satu daerah di Provinsi Jawa Barat yang siap menjadi ikon pariwisata halal adalah Kota Bandung.
“Wisata halal bisa dikembangkan di Jabar, kita siapkan semuanya seperti masalah sertifikasi halal, daerah. Dan Kota Bandung siap jadi wisata halal,” kata Deddy Mizwar, di sela Seminar Internasional Pariwisata Halal di Aula Barat Kampus ITB, Kamis.

Ia menilai potensi pariwisata halal di Indonesia sangat besar jika dikembangkan dengan baik karena hampir mayoritas penduduknya beragama muslim terlebih investasi yang dibutuhkannya juga tidak terlalu besar.

Namun, kata dia, walaupun Indonesia menjadi negara muslim terbesar di dunia, perkembangan pariwisata halalnya masih kalah oleh negara tetangga yang nonmuslim seperti Singapura.

“Nah itu dia, wisata halal di Singapura itu ternyata bisa menjadi yang terbaik di dunia,” kata dia.

Menurut dia, belum optimalnya pariwisata halal di Indonesia salah satunya dikarenakan kurang menariknya kemasan yang ditampilkan.

“Saya kira wisata halal di kita itu problem utamanya adalah kemasan, pelayanannya kurang baik. Ini harus harus kita perbaiki jika ingin mengembangkan wisata halal,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan konsep pariwisata halal ini ternyata mudah diterima semua kalangan tapi sampai melupakan aturan aturan Islam seperti Sarana dan prasarana pariwisata harus mengedepankan nilai-nilai Islami.

“Sebagai contoh hotel diwajibkan tidak menyediakan makanan/minuman beralkohol, kolam renang serta fasilitas spa yang terpisah untuk pria dan wanita. Kemudian tampilan keseniannya pun harus diinovasi, Jabar kan kaya tuh akan kesenian,” kata dia.