Tingkatkan Sektor Pariwisata Jawa Barat, Iwa Kartiwa Mulai dengan Dongkrak Kinerja ASN Disparbud
Di Posting Oleh : bappeda jabar humas, Tanggal : 06 Feb 2019 09:03 , Dilihat Sebanyak : 33 Kali

BANDUNG, PIKIRAN RAKYAT – Sekretaris Daerah Jawa Barat, Iwa Kartiwa mengingatkan jajaran Aparat Sipil Negara (ASN) Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat terkait tiga indikator tata kelola pemerintah Jawa Barat. Peningkatan sektor pariwisata Jawa Barat diharapkan mampu meningkatkan indeks pembangunan manusia.

“Tiga indikator tata kelola pemerintah Jawa Barat yang harus menjadi perhatian adalah laporan keuangan, laporan kesesuaian tugas pokok dan pengawasan, serta laporan penyelenggaraan pemerintah daerah. Ketiga indikator menekankan agar setiap pegawai pemerintahan terus meningkatkan kinerjanya,” ujar Iwa Kartiwa saat memberikan arahan pada ASN di lingkungan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, bertempat di ruang rapat utama Disparbud Jabar Jalan L.L.R.E. Martadinata 209 Bandung.

Terhadap peningkatan indikator kinerja yang dilakukan ASN, menurut Iwa, saat ini Pemprov Jabar mendapat penilaian “A “untuk Akuntabilitas Kinerja Pemerintah. “Karenanya untuk mempertahankannya dan meningkatkan dibutuhkan kinerja yang baik dari seluruh jajaran ASN di Jawa Barat,” ujar Iwa.

Terkait dengan sektor kepariwisataan di Jawa Barat, Iwa mengingatkan agar Disparbud Jabar terus mendorong upaya peningkatan wisatawan mancanegera untuk berkunjung ke Jawa Barat. Hingga saat ini angka kunjungan Wisman ke Jabar belum maksimal dan mencapai target, berbeda dengan kunjungan Wisnus ke Jabar yang mampu menggeser Bali.

Ditegaskan Iwa, peningkatan sektor pariwisata dewasa ini menjadi bagian dari  meningkatkan indeks pembangunan manusia. Diharapkan dengan demikian pariwisata mampu memberikan kontribusi untuk mengurangi indeks kemiskinan,pengangguran dan kesenjangan sosial yang berdampak pada peningkatan kualitas sumber daya manusia.

“Karenanya saya ingatkan, perlu perbaikan internal dilingkungan Disparbud Jabar. Perbaikan  terutama dimulai dari seluruh jajaran ASN untuk terus bekerjasama, solid dan sinergis satu sama lain dalam menjalankan visi dan misi,” tegas Iwa.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Dedi Taufik Kurohman mengatakan bahwa pihaknya akan menumbuhkan jiwa kerja ASN dilingkungan Disparbud Jabar dalam menjalankan dan mencapai visi dan misi. “Kita akan mengubah cara berpikir dan budaya kerja (ASN Disparbud Jabar), yang awalnya hanya berorientasi kepada kerja-kerja rutin, tapi kemudian berpikir menjadi bermanfaat dan lebih memuaskan masyarakat dengan mendayagunakan dengan baik atau tidak sia-sia anggaran yang ada,” ujar Dedi yang baru dilantik pada Jumat 1 Februari 2019 lalu tersebut, menggantikan pejabat lama Ida Hernida yang memasuki purna bakti pada 14 Februari 2019.