Tingkatkan Kapasitas Pelayanan, Gedung Perizinan Akan Direnovasi
Di Posting Oleh : HUMAS BAPPEDA JABAR, Tanggal : 05 Aug 2016 11:40 , Dilihat Sebanyak : 37 Kali

Bandung, Tribunjabar.co.id.- Pemprov Jabar akan merenovasi Kantor Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BPMPT) Jabar di Jalan Sumatera Bandung. Renovasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan pelayanan sekaligus memberikan kenyamanan dan kemudahan kepada masyarakat.

Bagian yang akan direnovasi adalah bagian pelayanan perizinan dan areal parkir. Hal itu dinilai penting guna memberikan kenyamanan kepada para pemohon perizinan. Bagian depan Kantor BPMPT yang merupakan peninggalan jaman Belanda dan ditetapkan sebagai haritage, tidak akan diubah sama sekali guna menjaga keasliannya.

“Gedung yang dibangun tahun 1881 ini merupakan peninggalan Belanda yang punya nilai historis tinggi. Oleh karena itu bagian depan tidak akan diubah karena masuk bagian heritage. Hanya bagian belakang saja yang akan direnovasi dan dibangun gedung baru,” kata Sekda Jabar, Iwa Karniwa saat mengunjungi Kantor BPMPT Jabar, Selasa (2/8/2016).

Iwa menegaskan renovasi hanya dilakukan di bagian yang bukan merupakan bagian heritage. Menurutnya, pelaksanaan renovasi pada bagian pelayanan perizinan sangat penting agar masyarakat para pemohon perizinan merasa lebih nyaman. Selain itu, areal parkir juga rencananya akan diperluas guna meningkatkan kapasitas parkir dan memudahkan masyarakat parkir di Kantor BPMPT.

Selain renovasi pada bagian pelayanan, Pemprov Jabar juga berencana membangun sebuah gedung berlantai tujuh. Berdasarkan rencana desain, lantai 1 diperuntukkan untuk basement, lantai 2 untuk ruangan Tata Usaha dan Pimpinan, lantai 3 untuk bidang penanaman modal, lantai 4 untuk bidang promosi, lantai 5 untuk bidang pengendalian dan pelaporan, lantai 6 untuk ruang rapat, dan lantai 7 untuk mushola.

“DED-nya di 2017 dan mudah-mudahan (pembangunan) bisa mulai di 2018,” jelas Sekda.

Tujuan dilakukannya renovasi, kata dia, tiada lain yakni untuk meningkatkan pelayanan dan memberikan pelayanan lebih baik kepada masyarakat. Terlebih, kata Iwa, BPMPT selama ini menjadi salah satu ujung tombak penghasil pendapatan bagi Pemprov Jabar.

“Core bussines kita di sini sehingga kita perlu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan pengusaha yang akan mengajukan perizinan,” kata dia.

Sebagai contoh, Iwa menyebut BPMPT Jabar bisa menerbitkan lebih dari 55.000 perizinan pada tahun 2015.