Sport Center Watubelah akan Diteruskan
Di Posting Oleh : HUMAS BAPPEDA JABAR, Tanggal : 23 Aug 2013 20:30 , Dilihat Sebanyak : 33 Kali

Penulis: pikiran-rakyat.com

Pemerintah Kabupaten Cirebon siap meneruskan dua proyek Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Sport Center Watubelah dan Pasar Batik Weru yang hingga saat ini masih terbengkalai. Namun untuk melakukan hal itu, Pemkab Cirebo masih menunggu langkah Pemprov Jawa Barat sebagai penggagas dan perintis proyek tersebut.

Bupati Cirebon Dedi Supardi mengatakan, Sport Center Watubelah dan Pasar Batik Weru sejak awal merupakan prakarsa Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan. “Tender dan pembangunan tahap awal pun semua dilakukan oleh Pemprov,” katanya kepada wartawan, Kamis (22/8/2013).

Menurut Dedi, saat ini pihaknya masih menunggu instruksi dari Pemprov Jawa Barat mengenai kelanjutan dua proyek besar tersebut. Bahkan, Dedi mengaku sudah melayangkan surat resmi kepada Gubernur terkait hal itu.

Dedi menegaskan, jika Pemprov akan melimpahkan proyek tersebut ke daerah, Pemkab Cirebon menyatakan siap untuk meneruskan. Namun sebelumnya, Dedi meminta tahap awal pembangunan tersebut diaudit terlebih dahulu oleh Badan Pemeriksa Keuangan.

“Kalau sudah diaudit, kami akan merekapitulasi ulang apa saja yang dibutuhkan dan berapa besar dana yang diperlukan. Setelah itu kami mulai bertahap menganggarkan dana untuk meneruskan pembangunannya,” tutur Dedi.

Seperti diketahui, Sport Center yang berlokasi di Kelurahan Watubelah, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon memang salah satu sarana yang dipersiapkan Pemprov jawa Barat yang akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016.

Salah satu sarana yang dibangun adalah stadion sepakbola berkapasitas 40.000 penonton. Proyek tersebut mulai dikerjakan pada pertengahan 2012 lalu dan ditargetkan selesai pada 2015. Namun sejak awal 2013, pembangunan terhenti dan hingga saat ini belum ada aktifitas berarti di lokasi proyek.