Sosialisasikan Reaktivasi KA Pangandaran, Emil Siap Turun Tangan
Di Posting Oleh : bappeda jabar humas, Tanggal : 09 Jan 2019 11:29 , Dilihat Sebanyak : 47 Kali

BANDUNG, INILAH KORAN — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan siap turut mensukseskan reaktivasi jalur kereta api Banjar-Pangandaran-Cijulang. Dia katakan reaktivasi jalur kereta tersebut merupakan program PT Kereta Api Indonesia (KAI) dimana aset dan dananya berasal dari PT KAI.

“Karena aset dan dananya dari PT KAI, kita hanya komunikasi,” tutur ujar Ridwan Kamil.

Emil -sapaan Ridwan Kamil- mengatakan, rencana reaktivasi jalur kereta Banjar-Pangandaran-Cijulang kini sudah masuk tahap dua. Yaitu penertiban bangunan dan pembebasan lahan setelah tahap awal, yakni studi dan perencanaan selesai dilalui.

Mengingat jalur kereta api ini telah lama mati, lanjut Emil, diperlukan pengecekan lahan-lahan yang dikuasai warga sebelum diterbitkan dan dibebaskan. Termasuk keamanan infrastruktur pendukungnya, seperti terowongan.

“Tahap dua sedang dikerjakan karena terowongannya harus dicek keamanannya. Kan ada empat terowongan ya dari Banjar ke Pangandaran. Kemudian lahan yang dikuasai warga harus dicek,” papar Emil.

Dia berharap reaktivasi jalur kereta api ini tak menemukan kendala dan berjalan bisa sesuai rencana. Kereta api adalah moda transportasi yang mendapatkan antusiasme yang besar dari masyarakat. Contohnya saja saat pengoperasian Kereta Api Pangandaran yang disambut antusias warga, belum lama ini.

Demi suksesnya program tersebut, Emil menyatakan, dirinya siap turun langsung menyosialisasikan program ini kepada masyarakat, khususnya bagi masyarakat terdampak program ini.

“Saya bilang, kalau kita dibutuhkan untuk komunikasi ke warga, saya turun,” pungkasnya. (Rianto Nurdiansyah)