Setif, Aljazair dan Jabar Sepakat Jalin Kerjasama Bilateral
Di Posting Oleh : bappeda jabar humas, Tanggal : 17 Oct 2017 09:09 , Dilihat Sebanyak : 74 Kali

BANDUNG – Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Setif Republik Demokratik Rakyat Aljazair menyepakati kerjasama yang tertuang dalam Memorandum Saling Pengertian atau Memorandum of Understanding (MoU). Pertemuan ini menjadi momentum penting untuk lebih mempererat persahabatan Indonesia-Aljazair yang telah dijalan lebih dari 60 tahun. Hal ini menjadi peluang bagi Jawa Barat untuk menginisiasi kerja sama dengan salah satu aktor subnasional di Aljazair, yaitu Provinsi Setif.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) dan Gubernur Provinsi Setif Nacer Maskri menandatangani langsung MoU tersebut, di Gedung Negara Pakuan, Jl. Otto Iskandardinata No. 1, Kota Bandung, Jumat sore (14/10/17). Turut hadir dan menyaksikan penandatanganan, yaitu Duta Besar Luar Biasa RI Untuk Aljazair Safira Machrusah, para Asisten Daerah, Staf Ahli, para Kepala OPD, para Kepala Biro terkait di lingkungan Pemprov Jawa Barat, serta para Direktur BUMD di Provinsi Jawa Barat. Sementara dari Aljazair, selain Duta Besar Aljazair untuk Indonesia, hadir pula para pejabat Pemerintah Provinsi Setif, serta para pelaku bisnis Aljazair.

“Kami bersyukur atas adanya tawaran kerja sama Provinsi Bersaudara (Sister Province) dengan Provinsi Setif ini. Apabila Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Setif menyepakati pembentukan hubungan kerja sama Provinsi Bersaudara, maka hal ini akan menjadi payung besar bagi inisiasi kerja sama di bidang pertanian, pendidikan, peningkatan perdagangan dan investasi, pariwisata, dan kebudayaan,” ujar Aher dalam sambutannya di hadapan para delegasi Aljazair.

Pertemuan ini juga menjadi sebuah kehormatan bagi Provinsi Setif. Gubernur Provinsi Setif Nacer Maskri mengatakan bahwa pihaknya ingin memperkokoh hubungan antara Provinsi Setif dan Jawa Barat. Nacer menambahkan MoU ini seperti peletakan batu pertama untuk menjalin kerja sama yang lebih besar.

“Kunjungan ini isyarat yang sangat kuat untuk membangun hubungan yang baik dan berkesinambungan antara kegiatan-kegiatan dan peran dari kedua belah pihak, yang nanti akan terealisasi melalui nota kesepahaman antar-kedua wilayah,” ungkap Nacer.

“MoU ini bisa dibilang merupakan peletakan batu pertama bagi kami untuk kerja sama bilateral ini,” tambahnya.

Provinsi Setif merupakan wilayah yang berada di Timur Aljazair. Dengan luas 6.549 km persegi, Setif memiliki jumlah penduduk sebanyak 1.900.000 jiwa. Rata-rata atau sekitar 76% penduduk Setif ada di daerah pedesaan.

Provinsi Setif mempunyai peran penting dalam ekonomi Aljazair, karena selain letak geografisnya yg sangat strategis, Setif juga memiliki potensi besar dalam berbagai bidang.

Untuk itu, pada kesempatan ini dilakukan pula penandatanganan MoU antara Kamar Dagang Industri (Kadin) Jawa Barat dengan Chambre De Commerce Et D Industrie El Hidhab (CCI).

Kerjasama antara Kadin Jawa Barat dan Setif diharapkan dapat menjalankan komitmen nasional melalui fasilitasi jalinan kontak bisnis dan event pertemuan khusus antar-pelaku usaha. Kerjasama ini untuk menjajaki peluang produk-produk potensial untuk diperdagangkan, menciptakan akses pemasaran baru, yang dapat diupayakan melalui event promosi investasi dan aktivitas business matching untuk mendukung penciptaan koneksi dagang dan bertukar pengalaman mengenai best practices antar-sesama komunitas industri.