Sepuluh siswa SMK Jabar wakili O2SN Nasional
Di Posting Oleh : bappeda jabar humas, Tanggal : 05 Sep 2018 09:54 , Dilihat Sebanyak : 40 Kali

BANDUNG, ANTARANEWS JABAR — Pelaksanaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMK Tingkat Provinsi Jawa Barat 2018 yang digelar pada tanggal 13-15 Agustus 2018 telah sukses dilaksanakan.

Pembukaan O2SN SMK Tingkat Provinsi Jawa Barat, dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Ahmad Hadadi di Bandung Senin, (13/8).

Ada 1.275 siswa mengkuti delapan cabang olahraga yang diperlombakan dalam O2SN SMK Tingkat Jawa Barat.

Dan hasilnya, ada 10 siswa yang berhasil menjadi juara pertama dari sejumlah cabang olahraga akan menjadi wakil Jawa Barat di O2SN SMK Tingkat Nasional yang akan dilaksanakan pada 16-22 September 2018 di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Utamakan kejujuran dan sportivitas

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Ahmad Hadadi meminta kepada seluruh siswa yang ikut dalam ajang Olimpiade Olahraga Siswa nasional (02SN) SMK Tingkat Provinsi Jawa Barat agar mengutamakan kejujuran serta sportivitas dalam perlombaan.

Menurut dia, kejujuran dan sportivitas merupakan hal yang penting dalam perlombaan, terlebih atlet yang menjadi peserta saat ini merupakan atlet terbaik yang mewakili daerah masing-masing.

Dia mengatakan sebagai seorang juara, tidak hanya kemenangan yang dicari, akan tetapi lebih dari itu.

“Ajang O2SN bertujuan untuk memupuk sportivitas, dalam rangka membangun fisik kuat dan jiwa yang sehat. Para peserta yang hadir sekarang adalah siswa dengan kekuatan, semangat untuk berprestasi dan menjunjung tinggi sportivitas,” ujar Hadadi.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK), Dodin Rusmin Nuryadin mengatakan O2SN SMK Tingkat Jawa Barat berjalan dengan lancar.

“Kami memiliki sejumlah harapan dengan pelaksanaan kompetisi ini,” kata Dodin.

Harapan tersebut, menurut dia, terciptanya iklim kompetisi yang sehat, terjalinnya siswa SMK yang memiliki keunggulan dalam bidang olahraga, meningkatnya motivasi siswa SMK dalam penguasaan bidang olahraga, meningkatnya mutu pendidikan khususnya dala bidang olahraga pada SMK.

Kemudian meningkatnya rasa persaudaraan dan persatuan antar generasi muda, meningkatnya kreativitas siswa SMK, hingga terwujudnya siswa yang memiliki pemahaman dan wawasan pengetahuan keolahragaan serta sehat jasmani dan rohani.

Berikut 10 siswa yang akan menjadi wakil Jawa Barat di O2SN Tingkat Nasional, yang akan dilaksanakan pada 16-22 September 2018 di Daerah Istimewa Yogyakarta.

1. Juara satu Cabang Olahraga Atletik Putra O2SN SMK Tingkat Provinsi Jawa Barat 2018 dengan kategoti Panca Lomba adalah Ali Pramuja (siswa SMK Bina Karya Mandiri, Kota Bekasi).

2. Juara satu Cabang Olahraga Atletik Putri O2SN SMK Tingkat Provinsi Jawa Barat 2018  kategori Panca Lomba adalah Noneng (siswi SMK Negeri 1 Kawali, Kabupaten Ciamis).

3. Juara satu Cabang Olahraga Bulu Tangkis Putra O2SN SMK Tingkat Provinsi Jawa Barat 2018  kategori tunggal putera adalah Syaefullah Rohmat (SMK negeri 1 Jamblang, Kabupaten Cirebon).

4. Juara satu Cabang Olahraga Bulu Tangkis Putri O2SN SMK Tingkat Provinsi Jawa Barat 2018  kategori tunggal putri ialah Zatira Nuraisyah (siswa SMKN 1 Cihati, Kabupaten Cianjur).

5. Juara satu Cabang Olahraga Karate Putra O2SN SMK Tingkat Provinsi Jawa Barat 2018 kategori kata perorangan adalah Agung Budhi Darmawan (siswa SMK Negeri 1, Kabupaten Kuningan).

6. Juara Satu Cabang Olahraga karate putri kategori kata perorangan ialah Fitria (siswa SMK Negeri 3 Baleendah, Kabupaten Bandung).

7. Juara Satu Cabang Olahraga Pencak Silat putra kategori TGR Putera adalah Atok Mahardika Putra (siswa SMK Negeri 1 Cimahi, Kota Cimahi).

8. Juara satu Cabang Olahraga Pencak Silat putri kategori TGR puteri ialah oleh Ayu Wahyuni (siswa SMK Kiansantang, Kabupaten Garut).

9. Juara Satu Cabang Olahraga Renang putera kategori 200 meter gaya ganti, ialah Bagas Gentara Pribadi (siswa SMK Negeri 1 Cimahi, Kota Cimahi).

10. Juara satu Cabang Olahraga Renang Putri kategori 200 meter gaya ganti adalah Wardah Nadzifah (siswa SMK Negeri 1 Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya). (Ajat Sudrajat)