Seluruh Jembatan Timbang di Jabar Akan Berhenti Beroperasi
Di Posting Oleh : bappeda jabar humas, Tanggal : 08 May 2019 08:13 , Dilihat Sebanyak : 38 Kali

INILAH, Bandung – Seluruh jembatan timbang yang berada di Jawa Barat akan berhenti beroperasi selama masa mudik Lebaran 2019. Pasalnya, lokasi tersebut akan dimanfaatkan sebagai rest area atau tempat rehat untuk para pemudik.

Gubenur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan terkait penghentian operasional jembatan timbang akan diumumkan lewat Menteri Perhubungan Budi Karya.

“Pak Menteri (Menhub) sudah berbaik hati semua jembatan timbang akan diumumkan dihentikan selama masa mudik,” ujar Ridwan Kamil, Selasa (7/5/2019).

Adapun yang akan dijajakan pada tempat persitirahatan pemudik tersebut merupakan produk-produk dari UMKM setempat. Hal tesebut sesuai dengan konsep Mudik Aman Guyub Rukun. Di mana bukan hanya ukuran berkurangnya kecelakaa maupun lancarnya arus mudik, namun secara ekonomi bermanfaat pada setiap wilayah yang dilalui.

“Dikonversinya akan menjadi rest area yang menjual produk UKM kuliner desa wilayah setempat,” katanya .

Lebih lanjut, Emil -sapaan Ridwan Kamil- beharap Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) dan setiap kepala daerah kota kabupaten melakukan improvisasi untuk menyukseskan momen mudik 2019 di Jabar. Tentunya dengan tetap berkoordinasi bersama pemerintah wilayah, kementrian, dan Kepolisian.

“Kami sudah perintahkan tidak ada pasar tumpah, mengoperasikan delman yang mungkin memacetkan, mengurangi orang nyebrang dengan membuat pembatas jalan, membuat rute tambahan,” katanya.

Selain itu, dia juga mengimbaui para pemudik untuk memaksimalkan Jalur Selatan yang dia nilai kurang beken, lantaran mayoritas menggunakan jalur Utara. Namun menurut dia, dengan lebih banyaknya pemudik yang menggunakan jalur Utara akan membuat jalur Selatan lebih cenderung sepi.

“Kalau berpikir lebih cerdas agak sepi. Jadi lebih lancar dan lebih banyak pemandangan,” pungkasnya.