Sarasehan Perencanaan Ekonomi Sektoral Jawa Barat
Di Posting Oleh : bappeda jabar humas, Tanggal : 07 Nov 2018 14:04 , Dilihat Sebanyak : 52 Kali

BANDUNG, BAPPEDA JABAR — Bappeda Provinsi Jawa Barat melaksanakan acara Sarasehan Dalam Rangka Perencanaan Ekonomi Sektoral Jawa Barat di Grand Savoy Homann Bandung, pada 06 November 2018. Acara ini diselenggarakan dalam rangka penyusunan dokumen kajian perencanaan ekonomi sektoral guna mengantisipasi perkembangan ekonomi, khususnya ekonomi digital di Jawa Barat.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa membuka acara secara simbolis dengan pemukulan gong. Beliau berharap penyusunan dokumen kajian perencanaan ekonomi sektoral Jawa Barat ini mampu menjawab tantangan ekonomi digital, yang dianggap mampu memberikan pemerataan ekonomi.

Iwa Karniwa memberikan pesan dalam pembukaan bahwa pembangunan sektor industri merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pembangunan nasional jangka panjang. Untuk itu kemampuan munafakturing di bidang industri barang modal, Information Communication Technology (ICT) dan peralatan transportasi diharapkan mampu menjawab tantangan ekonomi digital yang dianggap mampu memberikan pemerataan ekonomi.

“Peningkatan kesejahteraan masyarakat Jawa Barat berbasis industri UMKM dan ekonomi umat, inovasi merupakan bagian penting dalam perekonomian untuk meningkatkan kesejahteraan dengan melalu berbagai industry UMKM yang dapat mempengaruhi secara luas berbagai sektor perekonomian”, pungkasnya.

Sarasehan Dalam Rangka Perencanaan Ekonomi Sektoral Jawa Barat terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama mengangkat tema “Pengembangan dan Inovasi Sektor Pariwisata sebagai Lokomotif Ekonomi di Jawa Barat”, menghadirkan dua narasumber yaitu:

  1. Junaidi Mulyono, SH dari Kepala Desa Ponggok, Klaten
  2. H. Awam dari Kepala Desa Cibuntu, Kuningan

Kepala Desa Ponggok Klaten menjelaskan kolaborasi   dan inovasi sektor pariwisata di desa ponggok dan pariwisata di Desa Ponggok. Keberhasilan program wisata di Desa Ponggok dengan memanfaatkan potensi mata air yang berlimpah sebagai sumber utama penghidupan warga, mengembangkan kelengkapan rekreasi di Desa Ponggok hingga ke sektor pertanian dan perikanan. Sedangkan, Kepala Desa Cibuntu Kuningan, yang membahas inovasi pariwisata di Desa Cibuntu Kuningan dan pemilik pasarlaut.com menjelaskan pengembangan sektor perikanan dan kelautan berbasis teknologi.

Acara ini dilanjutkan dengan menghadirkan narasumber dari pemilik pasarlaut.com dan Diky Indrawibawa, SP selaku Ketua Bumiagro Tech dengan mengangkat tema “Kemandirian dan daya saing Sektor Pertanian di Jawa Barat” dan dilanjutkan menghadirkan narasumber yang lain dengan tema “Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Jawa Barat Berbasis Industri, UMKM dan Ekonomi Umat”.