Sambut HUT Bandung ke-204, Pohon akan Disarungi Kain Bendera
Di Posting Oleh : HUMAS BAPPEDA JABAR, Tanggal : 29 Aug 2014 23:54 , Dilihat Sebanyak : 30 Kali

Bandung РKota Bandung akan berulang tahun pada 25 September 2014. Dalam rangka menyambut hari ulang tahun yang ke-204, mayoritas pohon-pohon di Bandung akan disarungi bendera Kota Bandung yakni warna hijau, kuning dan biru.

Pemandangan tersebut saat ini sudah bisa dilihat di Balai Kota Bandung, Pendopo Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Jalan Cicendo, dan lainnya.

“Jadi pohon disarungin itu dalam rangka ulang tahun Bandung. Ultah di zaman saya harus lebih meriah, interaktif, dan dekoratif. Kita pakai bendera Kota Bandung yang warnanya hijau, kuning, biru,” ucap Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di Pendopo Kota Bandung Jalan Dalem Kaum, Kamis (28/8/2014).

Bendera-bendera tersebut akan menutupi batang pohon di Bandung hingga akhir bulan September 2014. Emil berharap dengan pemasangan bendera Kota Bandung tersebut bisa menjadi salah satu identitas warga Kota Bandung ke depannya.

“Dipasangnya oleh masing-masing kewilayahan. Tapi sebagian juga ada sumbangan dari warga. Ya sama-sama lah karena ini kan ulang tahun bersama,” ucapnya.

Lebih lanjut Emil mengatakan, warna bendera Kota Bandung yakni hijau, kuning dan biru itu termaktub dalam peraturan daerah (perda) yang dibuat oleh pemerintah dan dewan pada zaman dulu. Menurut Emil, warna tersebut tidak melulu dalam bentuk bendera, namun bisa saja lebih variatif.

“Kita punya bendera itu, sudah ditetapkan DPRD zaman dulu, sekitar tahun 1950-an. Jadi nanti mah kemana pun pergi, pakai tiga warna itu. Nantinya warna itu juga bisa dipakai secara variatif, misalnya untuk umbul-umbul dan lainnya,” jelasnya.

Berdasarkan penelusuran detikcom,, aturan terkait warna bendera Kota Bandung terdapat pada Keputusan DPRD Sementara Kota Besar Bandung Nomor 9938/53 tanggal 8 Juni 1953. Dalam aturan itu dijelaskan, kuning melambangkan kesejahteraan, hijau kemakmuran dan sejuk, sementara biru melambangkan kesetiaan.