RIP Cirebon Akan Diserahkan Ke Gubernur Jabar
Di Posting Oleh : HUMAS BAPPEDA JABAR, Tanggal : 29 Sep 2016 11:48 , Dilihat Sebanyak : 11 Kali

bisnis.com, CIREBON– Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Revolindo menyatakan rencana pengembangan Pelabuhan Cirebon saat ini terus berjalan dan dalam perisapan pengajuan ke Pemprov Jabar untuk meminta rekomendasi dari gubernur.

Setelah ditandatangani oleh  Wali Kota Cirebon beberapa hari lalu, Rencana Induk Pelabuhan harus diserahkan kepada gubernur terlebih dulu sebelum diserahkan ke Kementerian Perhubungan untuk disahkan.

“RIP harus sesuai dengan RTRW daerah dan rencana induk pengembangan pelabuhan secara nasional ,” kata Revo, Rabu (28/09/2016).

Revo mengungkapkan jika RIP telah disahkan pemerintah pusat dan sesuai dengan rencana induk pelabuhan nasional (RIPN), maka Pelindo selaku operator pelabuhan bisa memulai melakukan pengembangan.

“Nantinya Pelabuhan Cirebon tak hanya digunakan komoditi curah kering, karena akan ada terminal untuk angkutan penumpang,” ujarnya.

Wali Kota Cirebon, Nasrudin Azis menuturkan setelah melakukan kajian terhadap dokumen RIP yang diajukan KSOP Cirebon, pihaknya menilai rencana pengambangan pelabuhan tidak berbenturan dengan RTRW Kota Cirebon.

“Meski tak berbenturan dengan RTRW, akan tetapi kami memasukan sejumlah rekomendasi untuk rencana pengembangan Pelabuhan Cirebon,” ujarnya.