Ridwan Kamil Minta Pramuka Turun Tangan Bereskan Sungai Citarum
Di Posting Oleh : bappeda jabar humas, Tanggal : 13 Feb 2019 15:57 , Dilihat Sebanyak : 41 Kali

BANDUNG, KOMPAS.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta Pramuka di Jabar untuk turun tangan dalam program revitalisasi Sungai Citarum.

Hal itu Disampaikan Ridwan usai dilantik oleh Ketua Kwarnaw Pramuka Komjen Pol (Purn) Budi Waseso sebagai Majelis Pembina Daerah Pramuka Jabar di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Rabu (13/2/2019).

“Kita ada masalah-masalah di keprovinsian yang membutuhkan SDM yang besar, salah satunya adalah krisis Sungai Citarum. Saya minta izin ke Kakwarnas Insya Allah tahun tahun ini akan terlihat partisipasi Pramuka sebagai motor utama, dalam membela lingkungan,” ujar Emil, sapaan akrabnya.

Emil ingin kehadiran Pramuka dapat dirasakan oleh masyarakat khususnya dalam kegiatan lingkungan. Untuk itu, ia pun bakal berkoordinasi dengan Kepala Kwarda Pramuka Jabar Dede Yusuf.

“Supaya apresiasi masyarakat akan luar biasa dan menganggap Pramuka akan relevan dalam menjaga pembangunan. Program lain lain mungkin nanti mengikuti, nanti kita rapatkan dengan pengurus daerah Pak Dede Yusuf,” ungkapnya.

“Sama seperti yang lain, cuma bedanya dia (Pramuka) punya skil dan jumlahnya banyak. Jadi yang di Citarum ada ilmunya, tenaganya, hartanya macam-macam. Nah pramuka diharapkan tenaganya dan keahlian ilmunya,” tambah Emil.

Menanggapi hal itu, Kepala Kwarnas Pramuka Budi Waseso menyambut baik tawaran tersebut. Menurut Budi, Pramuka telah dibekali keilmuan khususnya yang berkaitan dengan program lingkungan.

“Pramuka sejak dulu itu sudah terlatih dan dibekali dari segala ilmu. Kemampuan yang ada di Pramuka itu salah satunya tadi, bakti kita ke masyarakat dan lingkungan. Sehingga tadi kalau membangun kembali citarum seperti sedia kala bisa kita banggakan sebagai sumber kehidupan,” paparnya.

Ia menjelaskan, Pramuka sudah paham dengan kondisi Citarum yang berposisi sebagai sumber air bagi masyarakat Jawa Barat dan Jakarta. “Karena air itu sumber kehidupan dari mulai Jabar sampai Jakarta. Nah ini nasib kehidupan bangsa. Ini salah satunya peran Pramuka untuk ikut serta agar Citarum seperti sedia kala,” jelasnya.