Ridwan Kamil Ingin Pantai Pangandaran Jadi Objek Wisata Kelas Dunia
Di Posting Oleh : bappeda jabar humas, Tanggal : 08 Oct 2018 13:45 , Dilihat Sebanyak : 39 Kali

BANDUNG, PIKIRAN RAKYAT — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana merevitalisasi Pantai Pangandaran, Kabupaten Pangandaran. Penataan ulang itu bertujuan agar Pantai Pangandaran bisa menjadi objek wisata pantai kelas dunia.

“Ya kita sudah kerja sama, sedang didesain dengan Pak Bupati Pangandaran, nanti Pantai Timur┬áPangandaran dan Pantai Baratnya akan kami desain, sehingga tidak kumuh,” kata Ridwan Kamil┬ádi Bandung Senin 8 Oktober 2018.

Seperti dilaporkan Antara, melalui penataan ini, ia berharap masyarakat dari semua kalangan dapat berbaur ketika mengunjungi objek wisata di Selatan Jawa Barat tersebut.

“Jadi mau itu kalangan menengah atas, atau menengah bawah, semuanya bisa berinteraksi di sebuah penataan Pantai Pangandaran. Saya juga pernah ke Hawaii beberapa kali, saya kira bisa asal kita ikuti pola yang kita akan desain dan masyarakatnya mau mengikuti.” ujar dia.

Ridwan Kamil menyatakan dia akan mengusung konsep terbaik dalam menata Pantai Pangandaran.

“Pokoknya mana saja yang baik di dunia ini kita akan contoh dan tiru,” katanya.

Ide tentang rencana penataan dan revitalisasi Pantai Pangandaran diutarakan oleh Ridwan Kamil melalui akun instagram miliknya pada Sabtu 6 Oktober 2018 lalu. Pantai yang dinobatkan sebagai pantai terbaik di Pulau Jawa versi AsiaRooms tersebut akan ditata menjadi wisata kelas dunia, melalui kerjasama Pemprov Jabar dan Pemerintah Kabupaten Pangandaran.

Di sepanjang garis pantai timur dan pantai barat akan diberi jalur pejalan kaki yang rindang dan nyaman. Ia bermimpi Pangandaran bisa seperti Waikiki Beach di Hawaii, juga akan dibangun Pusat Budaya Sunda seperti di Ubud Bali.

Anggaran sebesar Rp 40-65 miliar dari APBD Provinsi dan APBD Kabupaten Pangandaran, akan digelontorkan untuk proyek ini pada tahun 2019 mendatang.

Bandara Nusa Wiru pun segera didesain ulang dan membuka penerbangan ke Bandung atau Jakarta. Pembenahan bandara ini melengkapi reaktivasi jalur Kereta Api dari Jakarta-Bandung-Pangandaran.

Selanjutnya, proyek berlanjut dengan penataan pantai di sejumlah daerah, seperti pantai di kawasan Garut Selatan, Sukabumi Selatan, dan lainnya. (Fani Ferdiansyah)