Rapat Koordinasi Komda Lansia Provinsi Jawa Barat dengan Komda Lansia Kab/Kota dan LSM Peduli Lansia Tahun 2018
Di Posting Oleh : bappeda jabar humas, Tanggal : 31 Aug 2018 13:24 , Dilihat Sebanyak : 61 Kali

BANDUNG, BAPPEDA JABAR — Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Barat Dr.Ir. Yerry Yanuar, MM membuka Rapat Koordinasi Komda Lansia Provinsi Jawa Barat dengan Komda Lansia Kab/Kota dan LSM Peduli Lansia Tahun 2018 di Aula LT.3 Soehoed Warnaen Bappeda Jabar, Kamis (30/8).

Dalam sambutannya Yerry menjelaskan bahwa kegiatan ini untuk membahas dan mendapat masukan dari berbagai pihak dan ditujukan sebagai bahan untuk penyempurnaan/finalisasi draft Dokumen Feasibility Study Wahana Lansia Sejahtera Provinsi Jawa Barat.

Seperti diketahui kegiatan ini sudah berlangsung selama 3 tahun berturut-turut sejak tahun 2016 sampai tahun 2018. Rapat ini telah menghasilkan berbagai kesepakatan, baik mengenai hal-hal yang menjadi kepentingan bersama di daerah maupun yang berupa rekomendasi untuk mendapatkan perhatian dan tindak lanjut baik di tingkat Provinsi maupun tingkat Kab/Kota.

Adapun di tahun ini, Komda Lansia Provinsi Jabar memiliki agenda utama yaitu menyusun dokumen Feasibility Study Wahana Lansia Sejahtera Provinsi Jawa Barat yang merupakan tindak lanjut dari Kajian Wahana Lansia Sejahtera pada tahun 2017, bekerjasama dengan Yayasan Swastisvarna, Jakarta.

Dari 27 Kab/Kota di Jawa Barat, berdasarkan data yang dihimpun dari Jawa Barat dalam Angka, 2016 terdapat 10 Kab/Kota dengan peringkat populasi lansia tertinggi, dan sebagai tambahan dari hasil sampling tahun 2017 yaitu 1 Kabupaten dengan peringkat populasi lansia terendah namun dengan prosentase tinggi yang dijadikan sample pengumpulan data lapangan dalam proses penyusunan draft dokumen Feasibility Study Wahana Lansia Sejahtera Provinsi Jawa Barat yaitu:

  1. Kota Bekasi
  2. Kabupaten Kuningan
  3. Kabupaten Bandung
  4. Kota Tasikmalaya
  5. Kabupaten Garut
  6. Kabupaten Sukabumi
  7. Kota Depok
  8. Kabupaten Bogor
  9. Kota Bandung

Maka dari itu diselenggarakannya Rapat Koordinasi ini adalah untuk finalisasi draft dokumen Feasibility Study Wahana Lansia Sejahtera Provinsi Jawa Barat.

Yerry berharap dalam kegiatan ini mampu menghasilkan dokumen Feasibility Study Wahana Lansia Sejahtera Provinsi Jawa Barat yang telah dilengkapi dengan berbagai masukan dari para pengurus Komda Lansia Provinsi, Komda Lansia Kab/Kota se-Jawa Barat serta LSM Lansia dan Peduli Lansia Provinsi Jawa Barat.