Rapat Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD Provinsi Jawa Barat 2018-2023 untuk Misi 4 dan 5
Di Posting Oleh : bappeda jabar humas, Tanggal : 27 Sep 2018 09:00 , Dilihat Sebanyak : 88 Kali

BANDUNG, BAPPEDA JABAR – Dalam pembuatan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) untuk 5 tahun kedepan sesuai visi dan misi Gubernur Jawa Barat 2018-2023, Bappeda Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD 2018-2023.

Rapat diselenggarakan selama dua hari, yaitu pada 26-27 September 2018. Pada hari pertama, misi empat dan lima menjadi fokus pembahasan. Misi 4 berkenaan dengan perekonomiaan, dipimpin oleh Kepala Bidang Ekonomi. Rapat berkenaan misi 4 diselenggarakan di Ruang Sidang Soehoed Warnaen, Bappeda Provinsi Jawa Barat.

Kepada Bidang Ekonomi Bappeda Jawa Barat memaparkan mengenai Permasalahan dan Isu Strategis Daerah untuk mencapai Visi Gubernur Jawa Barat 2018-2023 khususnya berkenaan dengan bidang perekonomian.

Misi keempat dari lima misi Jabar Juara Lahir Batin adalah “Meningkatkan produktivitas dan daya saing ekonomi umat yang sejahtera dan adil melalui pemanfaatan teknologi digital dan kolaborasi dengan pusat-pusat inovasi serta pelaku pembangunan”.

Misi empat ini menjadi pembahasan dengan lima unsur yang hadir agar bisa menjadi program-program strategis untuk kemajuan Jawa Barat untuk lima tahun kedepan. Sasaran misi empat ini yaitu nelayan juara, pariwisata juara, lingkungan juara, kelola sampah juara, tanggap bencana juara, ekonomi kreatif juara, buruh juara, industri juara, pasar juara, petani juara, umat juara, UMKM juara, dan wirausaha juara.

Selanjutnya Misi ke-5 yakni “Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang inovatif dan kepemimpinan yang kolaboratif antara Pemerintah Pusat, Provinsi Dan Kabupaten/Kota”. Rapat penggodokan rancangan awal RPJMD 2018-2023 berkenaan dengan misi kelima dipimpin oleh Kepala Bidang Pemerintahan Sosial dan Budaya di Ruang Operation Room, Bapeda Provinsi Jawa Barat.

Melalui misi lima ini diharapkan dapat mewujudkan good governance dan whole of government  dengan sasaran birokrasi juara, APBD juara, ASN juara, dan BUMD juara. Berikut detail pembahasan:

Birokrasi Juara:

  1. Smart & E-Province
  2. COmmand Center Kota/Kabupaten
  3. Pemekaran Kabupaten

ASN Juara

  1. Lelang Jabatan
  2. Remunerasi Berbasis Kinerja
  3. Beasiswa ASN

APBD Juara

  1. Optimalisasi BUMD untuk meningkatkan PAD
  2. Pemanfaatan ASet Pemprov untuk mendorong ekonomi
  3. Kemitraan BUMD dengan Badan Usaha Swasta
  4. KPBU
  5. 1 BUM Desa 1 Desa
  6. Dana Pembangunan untuk Kota/Kabupaten
  7. APBD Pro-Infrastruktur dan Pro-Pembangunan Manusia
  8. E-Budgeting