Raina Saumi Raih Emas Pertama Renang
Di Posting Oleh : HUMAS BAPPEDA JABAR, Tanggal : 15 Sep 2016 10:47 , Dilihat Sebanyak : 35 Kali

Antarajabar.com – Perenang putri tuan rumah Jawa Barat Raina Saumi Gahana meraih medali emas pertama cabang renang PON XIX/2016 Jawa Barat di Kolam Renang Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kota Bandung, Rabu.

Saumi meraih finis terdepan pada final nomor 400 meter gaya bebas perorangan putri sekaligus mengalahkan seniornya yang pindah dari Jabar ke Jawa Timur Ressa Kania Dewi.

Raina Saumi mencatat waktu 4 menit 21,23 detik finish di depan Ressa Kania Dewi yang mencatat waktu 4 menit 21,32 detik. Perunggu diraih oleh Azahara Permatahani (Riau) 4 menit 26,23 detik.

Perenang andalan Jabar itu mampu membuyarkan harapan Jatim untuk menggebrak meraih emas pertamanya pada nomor itu. Meski demikian persaingan antara dua perenang yang sempat satu daerah itu berlangsung ketat bahkan saling menyusul, namun pada 100 meter terakhir Raina lebih unggul.

Emas pertama disambut suka cita oleh supporter Jawa Barat yang dimotori oleh para prajurit dari Kodam III Siliwangi yang terus menggelorakan semangat “Jabar Kahiji” atau Jabar Juara Umum.

Sebaliknya supporter Jatim yang berkostum hijau-hijau terdiam dengan hasil yang diraih perenang andalannya itu.

Arena renang di Kolam Renang UPI menjadi semarak dan penuh dengan yel-yel untuk mendukung atlet tuan rumah. Keberhasilan Raina meraih emas pertama Jabar dari arena renang itu akhirnya menjadi puncak dari pesta pada hari pertama PON dari kubu Jabar.

Sukacita Jawa Barat berlanjut pada nomor 400 meter gaya bebas setelah andalan lainnya A Fadlan Prawira dan Rizky Anggawijaya meraih emas dan perak. Pada final nomor itu yang diikuti delapan perenang, A Fadlan jauh memimpin dengan catatan waktu empat menit 15,75 detik.

Ricky Anggawijaya yang meraih perak finish di peringkat kedua dengan catatan waktu empat menit 39,98 detik serta perunggu diraih Putra M Randa dari DKI Jakarta dengan catatan waktu 4 menit, 56,93 detik.

Namun demikian catatan waktu dari dua final itu belum memecahkan rekor baik nasional maupun PON.

Para pemenang mendapat pengalungan medali yang dilakukan langsung oleh Komandan Kontingen PON XIX/2016 Jawa Barat Mayjen TNI Hadi Prasojo yang mengawal langsung perjuangan kontingen Jabar pada laga final cabang renang itu.

“Sesuai target Jawa Barat, hasil pada laga pertama dan kedua ini sesuai target. Mereka tampil sangat maksimal,” kata Hadi Prasojo seusai upacara penyerahan medali.

Ia menyebutkan hasil itu merupakan awal yang bagus bagi Jawa Barat di ajang PON XIX/2016.

Sementara itu Raina Saumi seusai menerima pengalungan medali mengaku senang dan tidak bisa menyembunyikan tangis dan keharuannya.

“Saya senang bisa meraih emas bagi Jabar, sangat berat namun saya akhirnya bisa lepas,” kata Raina.

Raina berharap emas dari nomor 400 gaya bebas itu bukan emas pertamanya di ajang PON 2016.

Sementara itu pada nomor 200 meter gaya ganti perorangan putri, Ressa Kania Dewi (Jatim) membalaskan kegagalannya dengan meraih emas pada final ketiga cabang renang. Ressa meraih emas dengan catatan waktu 2 menit 19,12 detik.

Perak diraih oleh Patria Yasita (Jatim) dengan catatan waktu 2 menit 23,43 detik. Perunggu diraih oleh Sofie Kemala (DKI) dengan waktu 2 menit 25,72 detik.