Psikolog: Remaja Kerap Terjebak Ekspos Hal Pribadi
Di Posting Oleh : HUMAS BAPPEDA JABAR, Tanggal : 15 Aug 2016 13:02 , Dilihat Sebanyak : 5 Kali

Antarajabar.com.- Psikolog Eva Sadrina menyatakan  remaja kerap terjebak ekspos hal-hal pribadi yang bersifat negatif di media sosial.
“Kini banyak remaja yang memanfaatkan media sosial untuk mencari keuntungan dengan cara yang kurang baik dan kurang bijak dalam memanfaatkan media sosial itu,” kata Eva di Bandung, Sabtu.

Menurut dia  dengan mengekspos hal-hal pribadi yang bersifat negatif, seperti gaya berpacaran, berpakaian dan bergaul untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Ia menilai, perilaku remaja seperti ini sangat berkaitan dengan pola asuh anak. Sampai sejauh mana orang tua mampu menerapkan konsep-konsep berkaitan dengan etika dan moral yang bisa dipertanggungjawabkan untuk seorang remaja.

“Ada salah kaprah pengasuhan dari orang tua dan ketidaksiapan anak dalam memasuki tahap perkembangan berikutnya. Tahap ini memberikan tuntutan yang berbeda dibanding tuntutan yang sebelumnya,”  kata Eva.

Eva menjelaskan, perilaku remaja ini juga didorong oleh perkembangan teknologi yang semakin pesat. Ia menuturkan, teknologi itu seperti pisau dengan dua mata yang bisa dimanfaatkan secara positif atau negatif.

Di era digital ini, kata Eva, tidak bisa dihindari begitu besarnya penetrasi yang berkaitan dengan dunia maya ke anak-anak dan remaja.

Jadi menurut dia  filternya harus sangat kuat. Penanaman aspek moral dan berbagai perkembangan aspek lain harus dikembangkan dengan kuat. Kunci utamanya ada di rumah, yaitu orang tua.

“Bila orang tua sudah cukup kuat menanamkan konsep-konsep etika dan moral pada anak, maka tidak akan mudah berpengaruh meskipun masuk pada berbagai lingkungan yang tidak selalu kondusif,” katanya menambahkan.