Pra Musrenbang Wilayah I
Di Posting Oleh : HUMAS BAPPEDA JABAR, Tanggal : 16 Mar 2015 15:37 , Dilihat Sebanyak : 34 Kali

Bertempat di Bale Seda Kencana, Badan  Koordinasi  Pemerintah dan Pembangunan (BKPP) Wilayah I Bogor menggelar Pra Musrenbang Wilayah I Propinsi Jawa Barat pada Senin (16/3/2015). Acara tersebut dihadiri langsung oleh  Kepala Bappeda Propinsi Jawa Barat, OPD Propinsi Jawa Barat, Bappeda dan SKPD di  enam wilayah I, dunia pendidikan dan dunia usaha.

Kepala Bappeda Propinsi Jawa Barat, Prof. DR. Ir. Deny  Juanda Puradimaja, DEA  dalam paparannya mengungkapkan bahwa Jawa Barat ingin menjadi Provinsi termaju di Indonesia pada Tahun 2025. Salah satunya, Jawa Barat dengan Pemerintahan yang bermutu (melebihi harapan) dan akuntable (taat aturan, kerjakan oleh ahlinya, apa yang dikerjakan harus lebih baik dari waktu ke waktu) dengan berbasis ilmu pengetahuan.

“Pada Tahun 2013-2018 Jabar ingin memantapkan pembangunan secara menyeluruh”tutur Prof. Denny.

Mengenai pentingnya mitra dalam pembangunan Jabar, Prof. Denny mengungkapkan bahwa perguruan tinggi yang ada daerah harus mampu menjadi mitra pembangunan Jawa Barat, misalnya, kalau Bogor tidak maju maka yang bertanggung jawab adalah perguruan tinggi IPB, karna kata kuncinya adalah “Jabar maju bersama mitra”.

Solusi masalah Bogor seharusnya ada dikampus-kampus yang ada bogor, begitupula di daerah-daerah yang lain”tuturnya.

Lebih lanjut Prof. Denny menjelaskan, ada dua SK Gubernur, pertama, SK Gubernur No. 500 tentang delegasikan untuk mengawal kesuksesan implementasi pembangunan kepada para Asisten Daerah. kedua, SK Gubernur No. 650 tahun 2014, Gubernur mendelegasikan kepada Kepala BKPP. Oleh karena itu, para kepala Bappeda, Kepala Dinas di Kabupaten/Kota silahkan berkunjung ke Gedung ini (BKPP Wilayah I) untuk berdiskusi terkait kesuksesan dalam pembangunan.

Terkait Pra Musrenbang, Gubernur Jawa Barat dalam sambutan yang dibacakan oleh Kepala BKPP Wilayah I, mengungkapkan bahwa Penyelengaraan Pra Musrenbang Wilayah I bertujuan untuk menajamkan dan mensinergikan usulan program dan kegiatan Kabupaten/Kota serta untuk memperoleh masukan terhadap rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Propinsi Jawa Barat Tahun 2014.

Hari ini, Selasa (17/03) Pra Musrenbang Wilayah II akan dilaksanakan di Purwakarta. Kepala Bappeda Provinsi Jawa Barat Prof. Denny, akan mengawali hari dengan menggelar Talkshow dengan Tema “Satu Perencanaan Jabar Untuk Meningkatkan Daya Saing dan Kemandirian Dalam Persaingan Global” pada pukul 08.00 WIB, tepatnya di radio Ternd Fm, Jl. Taman Pahlawan, No. 41.

Dalam rangka meningkatkan kualitas perencanaan, proses perencanaan dilaksanakan melalui  sistem On-line, dengan harapan, proses perencanaan bisa terekam dan terlaksana dengan baik. *** (Rizal)