PON Jawa Barat Libatkan Sekitar 13 Ribu Personel Keamanan
Di Posting Oleh : HUMAS BAPPEDA JABAR, Tanggal : 31 Aug 2016 09:51 , Dilihat Sebanyak : 17 Kali

Jakarta – Sebanyak 9.226 atlet dari 34 provinsi akan berlaga dalam 44 cabang olahraga yang dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional (PON) Jawa Barat pada 17-29 September mendatang. Untuk mengamankannya, sekitar 13 ribu personel sudah disiapkan.

Ketua Bidang Pertandingan PB PON XIX/2016 Jawa Barat, Yudha M. Saputra, mengatakan sekitar 13 ribu personil itu merupakan gabungan dari berbagai badan keamanan.

Seperti dikatakan Yudha, Kepolisian akan bertindak sebagai leading center, melalui Wakapolri, kemudian Kodam Siliwangi, Satpol PP, dan sebagian masyarakat yang tergabung dalam Ormas juga bisa dilibatkan untuk keamanan.

“Gabungan dari beberapa aparat ini sudah siap membantu untuk mengamankan semua setiap harinya. Rencananya, gabungan personel ini akan disebar di 16 kabupaten kota,” kata Yudha lewat sambungan telepon dengan detikSport, Selasa (30/8/2016).

Yudha menambahkan, untuk pengerahan personel di setiap venue pun persentase tidak akan sama. Semua bergantung dari seberapa besar peluang tingkat kericuhannya.

“Seperti tinju. Khusus cabang ini kan sudah biasa kursi melayang ke ring, karena itu kami upayakan agar di Sukabumi tidak terjadi seperti itu. Jadi, keamanannya ditambah khusus daerah tersebut,” ujarnya.