Perlu Sinergitas Birokrat dan Dunia Usaha
Di Posting Oleh : HUMAS BAPPEDA JABAR, Tanggal : 12 Dec 2013 23:06 , Dilihat Sebanyak : 23 Kali

Sinergi antara pelaku usaha, pemerintah, dan kalangan madani, sejauh ini masih lemah. Padahal, agar dunia usaha nasional lebih maju, perlu adanya sinergitas mulai level pusat, provinsi, sampai kota-kabupaten.

Demikian dikatakan Ketua Umum Kadin Nasional, Suryo Bambang Sulisto, pada Musyawarah Provinsi Kadin Jabar 2013 di Grand Royal Panghegar, Jalan Merdeka Bandung.

Menurutnya, sinergitas itu sangat penting karena tantangan dunia usaha pada 2014 lebih berat. Selain itu, lanjut dia, 2014 merupakan tahun politik mengingat pada saat itu, bergulir pesta demokrasi, yaitu pemilihan legislatif dan pemilihan presiden.

Kedua agenda politik itu dapat menentukan arah pembangunan ekonomi nasional pada masa mendatang. Tantangan lainnya yaitu bergulirnya ASEAN Economic Community (AEC) 2015.

Agar industri lebih berkembang, Suryo berpendapat, kuncinya harus bergerak dari daerah-daerah. Dia menilai daerah-daerah kota-kabupaten merupakan titik strategis untuk melakukan pengelolaan dan pengembangan SDA, sumber daya manusia, termasuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), yang sebenarnya, dapat menjadi kekuatan ekonomi nasional.

Apabila tidak terjadi sinergitas yang optimal, Suryo khawatir, saat AEC 2015 bergulir, Indonesia hanya menjadi obyek alias pasar negara-negara ASEAN. tjo