Penguatan Ekonomi Daerah Jadi Isu Utama Rakernas APPSI di Bandung
Di Posting Oleh : bappeda jabar humas, Tanggal : 22 Feb 2018 07:57 , Dilihat Sebanyak : 37 Kali

BANDUNG, HUMAS JABAR — Pemprov Jawa Barat menjadi tuan rumah penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) yang akan diselenggarakan pada Rabu-Jumat (21-23/2/18) di Hotel The Trans Luxury Kota Bandung.

Presiden Joko Widodo dijadwalkan menghadiri dan memberikan sambutan pada welcome dinner, Rabu (21/2/18) malam nanti. Penguatan ekonomi daerah akan menjadi isu utama dalam Rakernas kali ini seiring tema yang diambil “Kerja Sama Perdagangan Antar Daerah untuk Penguatan Ekonomi Nasional.”

Pengarah Rakernas APPSI Iwa Karniwa mengatakan seluruh gubernur maupun Pj gubernur se-Indonesia dipastikan akan menghadiri acara tersebut. “Insyaallah Pak Presiden jika tak berhalangan akan hadir membuka acara nanti malam,” kata Sekda Jabar tersebut.

Sejumlah topik terutama penguatan kerjasama ekonomi antar provinsi akan dibedah dalam rakernas dengan narasumber sejumlah menteri Kabinet Kerja. Tema pertama “penguatan pemerintah daerah dalam mendorong perdagangan antar daerah untuk kemajuan dan stabilitas ekonomi nasional”.  “Ini insyaaallah rencananya akan dipaparkan oleh Mendagri Pak Tjahjo Kumolo,” paparnya.

Selanjutnya ada topik terkait format perdagangan daerah memperkuat ekonomi nasional yang akan menghadirkan Menteri Perindustrian Airlangga Sutarto dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. ” Ada juga paparan terkait penyelenggaraan Asian Games dari ketua panitia,” ujarnya.

Selanjutnya akan ada MoU antar provinsi dan membahas rencana kerja APPSI 2018 yang dipimpin Ketua Umum APPSI Syahrul Yasin Limpo. “Dipastikan hadir 33 gubernur kami tinggal menunggu dari Papua terkait Plt gubernur yang akan hadir. Delegasi hadir pada siang ini,” pungkasnya.