Pencairan Dana Desa Mampet, Sekda Jabar Siap Telepon Kepala Daerah
Di Posting Oleh : HUMAS BAPPEDA JABAR, Tanggal : 28 Oct 2016 16:22 , Dilihat Sebanyak : 21 Kali

Bisnis.com,BANDUNG–Pemerintah Provinsi Jawa Barat meminta kepala daerah sigap membantu proses pencairan dana bantuan gubernur untuk infrastruktur desa.

Sekda Jabar Iwa Karniwa mengatakan pihaknya akan membantu percepatan pencairan dana bantuan gubernur untuk infrastruktur desa. Menurutnya Oktober ini BPMPD Jabar terus menggenjot proses verifikasi di daerah. “Saya juga akan terus berkoordinasi dengan para bupati agar masalah pencairan dana ini bisa cepat,” ujarnya di Bandung, Jumat (28/10/2016).

Dana bantuan gubernur untuk infastruktur desa ini diharapkan ikut menyumbang proses penyerapan APBD Jabar yang baru mencapai 65% Oktober ini. Iwa memastikan pihaknya sudah meminta BPMPD Jabar untuk melaporkan perkembangan-perkembangan verifikasi di daerah. “Kalau ada sandungan di kabupaten, nanti bisa kita selesaikan dengan kepala daerahnya langsung, supaya cepat,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Badan Pemberdayan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Jabar Koesmayadi Padmadinata mengatakan dalam APBD Perubahan 2016 dana bantuan gubernur untuk infrastruktur desa mencapai sebesar Rp265,6 miliar dimana 5.313 desa akan mendapatkan Rp50 juta. “Ada juga pencairan untuk dana kinerja aparatur desa masing-masing Rp15 juta,” katanya di Gedung Sate, Bandung, Kamis (26/10/2016).

Menurutnya untuk pencairan dana kinerja, pihaknya tinggal menyelesaikan sedikit lagi pengajuan dari desa. Sementara bantuan gubernur untuk dana infrastruktur desa sejauh ini baru 3 kabupaten yang mengajukan proposal, yakni Kuningan, Subang dan Majalengka. “Tapi sekarang kita jemput bola karena waktunya terbatas, jadi tim turun ke lapangan langsung memeriksa persyaratan administrasi,” paparnya.