Pemprov Jabar Targetkan Dana Desa Cair Seluruhnya Pekan Depan
Di Posting Oleh : HUMAS BAPPEDA JABAR, Tanggal : 02 Dec 2016 15:18 , Dilihat Sebanyak : 18 Kali

Bisnis.com, BANDUNG–Pemprov Jabar menargetkan dana bantuan infrastruktur desa 2016 seluruhnya cair pada pekan kedua Desember mendatang.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Desa (BPMPD) Provinsi Jabar Koesmayadi mengataka pihaknya masih terus memverifikasi proposal pengajuannya dari masing-masing desa.

“Berdasarkan hasil verifikasi tim BPMPD Jabar, dari 5.312 desa di Jabar, proposal yang sudah terverifikasi sebanyak 2.900,” katanya, Kamis (1/12/2016).

Sedangkan sisanya masih dalam proses perbaikan karena terdapat sejumlah kekurangan. Menurutnya, banyak desa yang kesulitan dalam membuat proposal yang sesuai dengan kriteria yang ditentukan, salah satunya program yang diajukan harus sudah tercantum di dalam APB-desa.

Selain itu, program pembangunan yang ditetapkan desa pun harus berdasarkan hasil rapat desa. “Kualitas sumber daya aparatur juga harus ditingkatkan. Makanya kita terus memberikan pelatihan-pelatihan,” katanya.

Menurutnya baru tiga kabupaten yang seluruh desanya akan mendapat dana bantuan infrastruktur pada 2016 ini, yakni Garut, Ciamis, dan Kuningan. “Sekarang proposalnya sedang diajukan ke Biro Keuangan, lalu diajukan lagi ke Gubernur untuk izin prinsip,” katanya.

Selanjutnya dana desa tersebut akan disalurkan langsung oleh provinsi ke rekening bank masing-masing desa.