Pemprov Jabar Segera Revisi Tata Ruang Laut
Di Posting Oleh : bappeda jabar humas, Tanggal : 21 Mar 2017 09:44 , Dilihat Sebanyak : 23 Kali
Bisnis.com/PENYISIRAN SERPIHAN PESAWAT AIRASIA

Bisnis.com,BANDUNG—Pemerintah Provinsi Jawa Barat kesulitan memulai proses revisi peraturan daerah terkait zonasi dan tata ruang laut.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jabar Jafar Ismail mengatakan rencana ini menindaklanjuti beralihnya kewenangan tata ruang laut dari daerah ke provinsi dimana saat ini 0-12 mil perizinannya di kelola provinsi.

“Kami akan merevisi Perda Zonasi dan Wilayah Pesisir yang sudah ada, diupayakan tahun ini masuk pembahasan dewan,” katanya di Bandung, Minggu (19/3/2017).

Jafar mengaku proses revisi tata ruang laut hingga 12 mil tidaklah mudah. Menurutnya di lapangan telah terjadi tumpang tindih kepentingan di sejumlah zonasi terutama di pantai bagian utara.

Dia menunjuk ada wilayah di Karawang yang masuk zonasi bawah laut sekaligus pertambangan. “Ada zonasi konservasi tapi juga ada wisata bahari,” ujarnya.

Menurutnya tata ruang laut begitu ruwet karena selama ini tidak begitu banyak diperhatikan banyak pihak. Padahal rupa-rupa zonasi ini tidak diperbolehkan karena akan membuat sejumlah rencana strategis di zonasi tertentu tumpang tindih. (Wisnu Wage/Agnes Savithri)