Pemprov Jabar Bantu Rp4 Miliar untuk Aceh
Di Posting Oleh : HUMAS BAPPEDA JABAR, Tanggal : 20 Dec 2016 11:22 , Dilihat Sebanyak : 59 Kali

Antarajabar.com –┬áPemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat memberikan bantuan dana sebesar Rp4 miliar untuk korban gempa bumi di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh.
Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan kepada Bupati Pide Jaya H Aiyub Abbas di Poskomando Utama Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, Senin.

“Total ada Rp4 miliar bantuan yang berhasil kami himpun untuk korban gempa di Pidie, Aceh, rinciannya dari Pemprov Jabar sebesar Rp2 miliar, kemudian Rp2 miliar lagi itu dana dari masyarakat yang dihimpun oleh Baznas Jabar dan Rumah Zakat serta Bank BJB melalui program CSR-nya,” kata Ahmad Heryawan usai memberikan bantuan tersebut.

Ia menuturkan bantuan dana dari Pemprov Jawa Barat untuk korban gempa di Pidie Jaya, Aceh, nantinya akan digunakan untuk pembangunan rumah, masjid dan sekolah yang rusak akibat musibah gempa bumi berkekuatan 6,5 pada skala Richter.

“Jadi sekitar Rp2 miliar itu langsung ke APBD Kabupaten Pidie Jaya, lalu Rp1 miliar itu digunakan untuk membangun masjid, Rp800 juta untuk membangunan sekolah dan sisanya untuk membangun kesehatan dan dapur umur,” kata dia.

Pria yang akrab disapa Aher itu menuturkan Provinsi Jawa Barat dengan Provinsi Aceh punya ikat khusus, yakni ikatan sejarah yang tidak bisa dilepaskan.

Hal tersebut, kata dia, terbukti dengan adanya makam pahlawan perempuan dari Aceh yakni Cut Nyak Dien yang dikebumikan di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Selain memberikan bantuan dana untuk korban gempa di Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh, Gubernur Jawa Barat yang datang didampingi oleh Asisten Daerah III atau Bidang Kesra Setda Provinsi Jawa Barat Ahmad Hadadi dan Direktur Utama Bank BJB Ahmad Irfan mengunjungi Posko Peduli Gempa Aceh yang didirikan oleh Provinsi Jawa Barat.

Sementara itu, Bupati Pidie Jaya H Aiyub Abbas mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Jawa Barat atas kepeduliannya terhadap warga di wilayahnya yang menjadi korban gempa bumi yang terjadi pada 7 Desember 2016.

“Saya mewakili masyarakat dan Pemkab Pidie Jaya mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Jawa Barat atas bantuan ini, semoga Allah membalas segala bantuan dan kebaikan yang diberikan oleh Pemprov Jabar kepada kami,” kata Bupati Pidie Jaya H Aiyub Abbas saat menerima bantuan tersebut di Poskomando Utama Kabupaten Pidie Jaya.