Pemprov Jabar Akan Bentuk Samsat DAS Cimanuk
Di Posting Oleh : HUMAS BAPPEDA JABAR, Tanggal : 05 Oct 2016 11:23 , Dilihat Sebanyak : 24 Kali

Antarajabar.com – Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan membentuk Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Penyelamatan Daerah Aliran Sungai (DAS) Cimanuk sebagai upaya jangka panjang menjaga kelestarian alam agar terhindar dari bencana banjir bandang seperti beberapa waktu lalu.
“Kita sudah menyepakati untuk pembentukan tim samsat, ada tiga tim samsat, salah satunya Samsat DAS Cimanuk dan mudah mudahan minggu ini tim samsat tersebut bisa terbentuk sehingga minggu depan bisa mulai beroperasi,” kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, di Bandung, Selasa.

Ditemui usai memimpin rakor Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Jabar (FKPD) dalam rangka pascapenanganan bencana Kabupaten Garut dan Sumedang, di Gedung Sate Bandung, pria yang akrab disapa Aher ini mengatakan samsat tersebut akan melibatkan berbagai instansi mulai dari Pemprov Jabar, Pemkab Garut, TNI, polri, kejaksaan, BBWS hingga Perhutani.

“Jadi tugasnya itu mendata, atau menertibkan, termasuk penegakan hukumnya jika memang dilapangan diperlukan penegakan huklum maka dilakukan penegakan hukum. Yang penting lahan kembali kepada fungsinya,” kata dia.

Menurut dia, rencana pmbentukan ketiga samsat tersebut dilatarbelakangi oleh kesuksesan pembentukan Samsat Jatigede.

“Dan ternyata efektif menyelesaikan permasalahan. Ketika ada satu masalah yang harus dibahas dan langkah langkahnya, enak pembahasannya karena semua berkumpul dan kesepakatannya bisa segera tercapai, beda dengan keputusan yang disepakati masing masing,” katanya.

Aher berharap ketiga samsat dapat segera terbentuk dan bisa melakukan pengawasan di lapangan sehingga pelaksanaan pengawasan pun bisa berjalan optimal.

“Dan semoga saja pembentukan samsat bisa selesai minggu ini dan pekan depan sudah bisa beroperasi mudah-mudahan, begitu juga untuk anggarannya, semoga anggarannya bisa ditempelkan di-opd terkait karena butuh difasilitasi,” kata dia.