Pemkab Cianjur Membangun Taman di jalan Protokol
Di Posting Oleh : HUMAS BAPPEDA JABAR, Tanggal : 12 Oct 2016 09:33 , Dilihat Sebanyak : 66 Kali

Antarajabar.com – Pemkab Cianjur, Jabar, siapkan dana Rp30 miliar untuk membangun taman di atas bahu jalan protokol sebagai upaya mengoptimalkan fasilitas pejalan kaki dan untuk meningkatkan indeks kebahagian warga serta menambah ruang terbuka hijau di wilayah perkotaan.
Sebagian bahu jalan di jalur protokol yang saat ini sudah dalam tahap pembongkaran akan segera dibangun taman, sehingga jalur kendaraan akan dipersempit dengan keberadaan taman tersebut.

“Ini untuk mengoptimalkan fasilitas pejalan kaki serta meningkatkan indeks kebahagiaan warga, taman itu dibuat untuk menambah ruang terbuka hijau (RTH) yang realisasinya masih jauh dari target,” kata Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman di Cianjur, Selasa.

Ruas jalan yang akan dibuat taman, ungkap dia, diantaranya Jalan Ir H Djuanda, Jalan HOS Cokroaminoto, Jalan Mangunsarkoro dan sejumlah ruas jalan lainnya.”Kalau sudah jadi tentunya akan membuat pejalan kaki merasa nyaman dan indek kebahagian akan meningkat,” katanya.

Pengerjaan taman tersebut, tutur dia, akan menghabiskan biaya dari Rp 30 miliar yang adiambil dari APBD Cianjur, dimana dana tersebut sudah termasuk pembongkaran trotoar dan sebagian bahu jalan, pembangunan dan penanaman.  Bahkan untuk luas taman di satu jalan protokol seperti Jalan Ir H Djuanda dibutuhkan biaya Rp 3 miliar.

“Kita lihat saja nanti, konsepnya akan sangat indah, orang-orang akan sengaja datang ke Cianjur untuk menikmati keindahan taman di sepanjang jalan protokol ini, sehingga Cianjur akan menjadi kota kunjungan utama bukan sekedar persinggahan,” katanya.

Pihaknya menargetkan pembangunan taman di samping kiri dan kanan jalan utama tersebut akan rampung akhir tahun. Sedangkan untuk mengantisipasi tangan jahil yang merusak taman setelah dibangun , anggota Satpol PP akan disiagakan dimasing-masing taman setiap harinya, dimana perusak akan dikenakan sanksi sesuai dengan perda K3 yang berlaku.