Pemkab Ciamis Bangun Jembatan Penghubung ke Wilayah Kuningan
Di Posting Oleh : HUMAS BAPPEDA JABAR, Tanggal : 16 Oct 2014 01:56 , Dilihat Sebanyak : 178 Kali
KUNINGAN – Pemerintah Kabupaten Ciamis, menyusul kini sedang membangun sebuah jembatan permanen untuk menghubungkan akses transportasi mobil dan sepeda motor dari wilayah Ciamis ke Kabupaten Kuningan.
Bersamaan dengan itu, Pemkab Kuningan saat ini juga sedang membangun jalan baru di wilayahnya yang tersabungkan langsung ke jembatan tersebut.
Lokasi pembangunan jembatan dan jalan baru tersebut terdapat di sekitar Blok Leuwi Kasba aliran Sungai Cijolang di titik perbatasan antara Dusun Bojong, Desa Bangunjaya, Kecamatan Subang, Kabupaten Kuningan, dengan Desa Dadiharja, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis.
Titik perbatasan dua wilayah kabupaten yang sedang disambungkan kedau proyek tersebut, dalam peta wilayah Kabupaten Kuningan terdapat di tepi garis perbatasan wilayah selatan Kuningan berjarak sekitar 60 Kilometer dari ibukota Kabupaten Kuningan.
“Pembangunan jembatan dan jalan baru ini semuanya dibiayai dari Bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Bantuan dana dari Pemprov Jabar untuk kedua proyek ini, merupakan buah adanya kerjasama antara daerah perbatasan, yang kini telah terikat dalam wadah Badan Kerjasama Antar Daerah Kunci Bersama,” ujar Kepala Bidang Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas Bina Marga, Kabupaten Kuningan Apep Kusmara, yang sedang meninjau aktivitas proyek tersebut, Rabu (15/10/2014).
Dia menyebutkan, proyek pembuatan jembatan itu digarap Pemkab Ciamis. Sementara Pemkab Kuningan dalam hal itu, mendapat bagian proyek membuat jalan baru penyambung jalan mobil terujung di Kecamatan Subang ke ujung jembatan tersebut.
“Jalan baru yang sedang kami buat ini panjangnya 262 meter, lebar 10 meter,” ujar Apep, seraya mengungkapkan proyek pembuatan jalan baru tersebut didanai bantuan Pemprov Jabar senilai Rp 695 juta.
Sementara itu, pada tahun anggaran 2012, Pemkab Kuningan juga telah mendapatkan bantuan dari Pemprov Jabar berupa proyek pembuatan jembatan berikut jalan baru pendukungnya yang menghubungkan wilayah Kuningan dengan Ciamis, memotong alur sungai yang sama.
Jembatan berikut jalan pendukung penghubung dua wilayah kabupaten itu, dibuat di titik perbatasan antara wilayah Desa dan Kecamatan Selajambe, Kabupaten Kuningan dengan Dusun Jamuresi, Desa Sukajaya, Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis.
Menurut dua orang warga Dusun Bojong, Desa Bangunjaya, Kecamatan Subang Emod (61) dan Nasikin (62), sejak masa penjajahan Belanda, penyeberangan aktivitas masyarakat antarduawilayah kabupaten di dua titik lokasi jembatan baru tersebut, biasa menggunakan fasilitas layanan rakit penyeberang sungai.
Malahan, hingga saat ini rakit tradisional sarana andalan untuk penyeberangan orang dan sepeda motor memotong Sungai Cijolang di sekitar Leuwi Kasba, masih aktif.
“Kalau jembatannya sudah jadi, rakit penyeberangan di sini pun, pasti tamat riwayat,” ujar Nasikin, yang sedang mendapat giliran sebagai tenaga operator rakit tersebut.
Ia menyatakan masyarakat di desanya merasa sangat senang dengan akan hadirnya jembatan itu. “Ya sangat senang, karena dengan adanya jembatan itu, mobil dari Kuningan ke Ciamis dan sebaliknya, bisa juga lewat ke sini. Dan, kebutuhan orang-orang yang akan menyeberang dari Kuningan ke Ciamis atau sebaliknya tidak akan lagi terhalang saat-saat sungai ini sedang meluap,” ujar Nasikin.