Pemerintah Siapkan Rp500 Miliar Untuk Pelabuhan Patimban
Di Posting Oleh : bappeda jabar humas, Tanggal : 09 Jun 2017 09:55 , Dilihat Sebanyak : 154 Kali

Antarajabar.com – Bupati Subang Imas Aryumningsih mengatakan saat ini pemerintah pusat telah menyiapkan anggaran sedikitnya Rp500 miliar untuk pembebasan lahan proyek pembangunan Pelabuhan Patimbang, di Kabupaten Subang, Jawa Barat.

“Katanya sudah siap Rp500 miliar untuk pembebasan lahan (Pelabuhan Patimban). Ini kan program pusat, kami mengikuti saja,” kata Imas Aryumninsih, usai pelantikan dirinya sebagai Bupati Subang Sisa Masa Jabatan 2013-2018, di Aula Barat Gedung Sate Bandung, Kamis.

Persoalan tentang percepatan pembangunan Pelabuhan Patimban ini juga diutarakan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar saat melantik Imas Aryumningsih sebagai Bupati Subang menggantikan Ojang Sohandi yang menjadi terpidana korupsi BPJS Kabupaten Subang Tahun 2014.

“Terkait amanat Pak Wagub tentang Patimban, tentunya kami Pemkab Subang sangat mendukung, masyarakat juga mendukung. Tidak susah untuk pembebasan lahan. Semua fasilitas yang diinginkan, didukung. Ini keputusan bersama dan mereka menginginkan Patimban. Mudah2an menambah ekonomi kesejahteraan Subang di samping untuk kepentingan Indonesia,” kata dia.

Menurut dia, saat ini perkembangan terbaru dari proyek pembangunan Pelabuhan Patimban sedang dalam tahap pendataan lahan, kemudian penentuan titik koordinat dan menunggu pembayaran ganti rugi lahan terdampak.

“Untuk harga ditentukan oleh appraisal (Perkiraan atau taksiran harga) namun kami belum tahu dari mana. Yang penting independen dan belum tahu kapan dibayar,” kata dia.

Ia menuturkan jumlah warga yang terdampak pembangunan Pelabuhan Patimbang, di Kabupaten Subang, tidak terlalu banyak yakni hanya sekitar 120 kepala keluarga (KK).

“KK terdampak tidak banyak dan itu akan ada reklamasi 350 hektare. Itu banyaknya tanah tambak dan tanah pemda. Kalau jumlah KK nya sekitar 120 KK,” kata dia. (Ajat S/Irawan)