Pembangunan Jalur Lintas Kabupaten di Purwakarta Tinggal 10%
Di Posting Oleh : HUMAS BAPPEDA JABAR, Tanggal : 02 Sep 2016 10:48 , Dilihat Sebanyak : 63 Kali

INILAH, Purwakarta – Pemkab Purwakarta saat ini tengah mengebut pengerjaan proyek jalan lingkar barat yang menjadi akses penghubung antar-kabupaten.‎ Saat ini, pengerjaan infrastruktur tersebut tinggal menyisakan 10 persen.
Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengatakan, pengerjaan jalur lintas kabupaten ini tengah masuk tahap pembetonan. Pihaknya menargetkan, dua bulan ke depan pembangunan jalur baru ini bisa rampung. Rencananya, akses jalur darat ini akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

“Kami targetkan jalur ini bisa diresmikan pada November mendatang,” ujar Dedi kepada INILAH, Rabu (31/8/2016).

Dedi menjelaskan, ‎pembangunan jalur alternatif baru ini sudah dilakukan sejak 2013, atau berbarengan dengan pembangunan jalur menuju Kecamatan Sukasari yang sejak 50 tahun silam terisolasi.

“Panjang jalan yang kita bangun ini, kalau ditotalkan mencapai 67 kilometer. Terbentang dari Kecamatan Babakan Cikao-Jatiluhur-Sukasari hingga Maniis,” jelas dia.

Dedi mengatakan, jalur alternatif baru ini nantinya akan terhubung dengan berapa kabupaten lainnya. Yakni Kabupaten Karawang, Cianjur, dan Bogor.

Dedi menambahkan, pembangunan jalan penghubung baru lintas kabupaten ini dianggap mendesak. Salah satunya untuk mendongkrak kesejahteraan masyarakat yang ada di empat kecamatan tersebut.

Selain itu, pembangunan jalur ini merupakan bentuk penghargaan dari pemerintah untuk masyarakat yang bermukim di seberang Waduk Jatiluhur. Mengingat mereka telah sangat berkontribusi besar terhadap‎ negara. Karena, sejak dibangunnya bendungan Jatiluhur, warga rela terisolasi hingga 50 tahun lamanya.