Pemantauan dan Evaluasi Fungsional Perencana Provinsi Jawa Barat
Di Posting Oleh : bappeda jabar humas, Tanggal : 29 Oct 2019 14:54 , Dilihat Sebanyak : 24 Kali

BANDUNG, BAPPEDA JABAR – Selasa pagi (29/10) Tim Penilai dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional melaksanakan pemantauan dan evaluasi fungsional perencana ke Bappeda Provinsi Jawa Barat di Ruang Soehoed Warnaen, Bandung.

Pemantauan dan evaluasi ini didasarkan adanya arahan Presiden Jokowi Widodo mengenai rencana penyederhanaan jabatan eselon di pemerintahan yang akan diganti menjadi jabatan fungsional.

Tim Penilai Bappenas sedang mengumpulkan data mengenai penempatan dan pengembangn karir jafung perencana di lingkungan Provinsi Jawa Barat.

Sekretaris Bappeda Jabar, Eko Priastono mengatakan idealnya setiap Perangkat Daerah mempunyai jabatan fungsional perencana. Namun kondisi faktual di beberapa kabupaten/kota belum ada jabatan fungsional perencana, sehingga perlu adanya koordinasi dan konsultasi lebih lanjut.

Tekait kualitas dan kuantitas jafung juga perlu ditingkatkan memalui capacity buliding. Mulai dari pemahaman, cara menulis, wawasan perencanaan, dsb. Karena SDM di Bappeda tugas outptnya hanya satu perencanaan berupa buku atau tulisan.

Sekretaris Bappeda berharap kedepannya jafung perencana menjadi garda pelaksana tugas nasional dan menjadi leading bagi perencana dalam melaksanakan tugas bidang pembangunan disetiap provinsi.