Pariwisata dan Budaya Prioritas Jabar di Masa Depan
Di Posting Oleh : HUMAS BAPPEDA JABAR, Tanggal : 13 Dec 2016 16:30 , Dilihat Sebanyak : 284 Kali

INILAH, Bandung – Sektor pariwisata dan budaya akan menjadi prioritas utama Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam pembangunan ekonomi di masa depan.
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengatakan, sektor pariwisata dan budaya saat ini menjadi yang terbaik dalam program kebangkitan ekonomi hulu-hilir yang dicanangkan pemerintah.

Aher menjelaskan, di tengah lemahnya pertumbuhan ekonomi dunia ternyata sektor pariwisata tetap mampu menghadirkan pundi-pundi yang tidak sedikit dan cenderung meningkat dibandingkan dengan sektor ekonomi lainnya.

“Pariwisata menjadi usaha unggulan setiap negara pada saat ini. Kenaikan warga kelas menengah di Indonesia berbanding lurus dengan pertumbuhan ekonomi wisata, karena mereka membutuhkan liburan di tengah padatnya aktivitas sehari-hari,” kata Aher dalam pidato sambutan Sosialisasi Sadar Wisata dan Sapta Pesona Jawa Barat di Taman Hutan Raya, Kabupaten Bandung, Minggu (11/12/2016).

Aher melanjutkan, sebagai provinsi yang dianugerahi berbagai macam potensi wisata dan budaya serta keindahan alam yang mengagumkan, Jawa Barat harus mampu mengolahnya menjadi potensi ekonomi yang besar di masa depan.

“Arah pembangunan pariwisata akan terus didorong Pemprov Jabar di masa mendatang,” ujar Aher.

Ditemui di tempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Ida Hernida mengatakan, masyarakat memiliki peranan yang penting dalam memajukan sektor pariwisata.

Dikatakan Ida, dengan peranan masyarakat maka tugas pemerintah dalam membangun sektor ekonomi kepariwisataan akan lebih mudah dilakukan.

“Peran masyarakat diperlukan untuk pembangunan pariwisata dan kebudayaan melalui gerakan sadar wisata,” kata Ida.