Netty : Seni Mampu Menjadi Alat Diplomasi
Di Posting Oleh : HUMAS BAPPEDA JABAR, Tanggal : 16 Dec 2016 11:22 , Dilihat Sebanyak : 33 Kali

BANDUNG – Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat Netty Heryawan mengatakan salah satu faktor penting dari kebudayaan adalah seni. Seni yang ekspresif mampu menjadi alat diplomasi di Jawa Barat dan itu ada pada Jaipongan.

Pasangiri Sanglingan Bentang Jaipongan Jugala Raya Tahun 2016 kedua ini dibuka oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di Gedung AAC (Majestic) Jalan Braga Bandung, Selasa (13/12/16). Pada kesempatan ini juga diberikan penghargaan pada Maestro Jaipongam, Gugum Gumilar, yang telah menghasilkan karya dalam tarian Jaipongan selama 42 Tahun di Jawa Barat.

Oleh karena itu, lanjut Netty, kita harus berpikir keras bagaimana seni dan budaya ini menjadi salah satu cara kita untuk mempromosikam dan mengenalkan budaya Jawa Barat. Tentunya dengan adanya pelibatan masyarakat termasuk unsur seni dan budaya sehingga Jaipongan ini dapat dikenal luas oleh masyarakat baik di Indonesia maupun luar negeri.

“Jaipongan ini luar biasa unik loh dibandingkan dengan gerak tarian yang lain,” ungkap Netty.

Netty berharap ketika dapat mengemas seni dan budaya dilekatkan dengan kegiatan resmi kenegaraan maka tidak aneh akan  menjadi second track diplomacy. selain itu, kegiatan ini mampu dilanjutkan oleh generasi muda yang saat ini sudah terjajah oleh pop culture sehingga jatidiri kita tidak akan  tergerus jaman.