LPSE Jabar Raih IKM Tertinggi
Di Posting Oleh : HUMAS BAPPEDA JABAR, Tanggal : 25 Sep 2013 22:36 , Dilihat Sebanyak : 16 Kali

Kepala Balai Layanan Pengadaan Barang/Jasa Secara Elektronik (LPSE)  Provinsi Jawa Barat Ika Mardiah menyatakan pihaknya mendapat nilai tertinggi dalam survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Hal itu berdasarkan hasil pelaksanaan survei IKM di 15  unit pelayanan pada instansi pelaksana fungsi pengadaan di luar Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP)  selama bulan April – Juli 2013.

“Hasil survai  menunjukkan LPSE Provinsi Jawa Barat  mendapatkan nilai tertinggi 81,61 dengan kategori Mutu Pelayanan “A” dan Kinerja Unit Pelayanan “Sangat Baik”,” ujar Ika di kantornya di kawasan Dago Pakar Kota Bandung, Rabu (25/9) pagi. Dirinya berharap dengan penilaian tersebut menjadi cambuk untuk terus meraih prestasi Dan  kedepan LPSE senantiasa terus meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan lebih baik lagi.

Menurut Ika, IKM adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya.

Kegiatan Survei IKM oleh LKPP dimaksudkan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja unit pelayanan publik secara berkala.
Survei  dilakukan dengan mengumpulkan data primer pada masing-masing unit pelayanan publik berupa kuesioner yang dibagikan kepada masyarakat pengguna layanan sebagai responden secara langsung.

Variabel survei meliputi 12 unsur pelayanan yaitu Prosedur Pelayanan, Persyaratan Pelayanan, Kejelasan Petugas Pelayanan, Kedisiplinan Petugas, Tanggung Jawab Petugas Pelayanan, Kemampuan Petugas Pelayanan, Kecepatan Pelayanan, Keadilan Mendapatkan Pelayanan, Kesopanan dan Keramahan Petugas, Kepastian Jadwal Pelayanan, Kenyamanan Lingkungan serta Keamanan Pelayanan.

Objek yang disurvei adalah unit pelayanan publik di lingkungan internal LKPP sebanyak 12 unit dan instansi pelaksana fungsi pengadaan di luar LKPP. LKPP memilih 5 provinsi/kota sebagai instansi di luar LKPP yaitu Provinsi Sulawesi Selatan, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Kalimantan dan Kota Yogyakarta. Terdapat 3 instansi yang disurvei untuk masing-masing provinsi/kota : 2 yang pertama  adalah LPSE dan ULP (Unit Layanan Pengadaan) sedangkan satu instansi lagi bervariasi tergantung provinsi/kota-nya (Badan Diklat, LPPM dan Sekolah Tinggi).

Berikut ini sebagian  hasil pengukuran IKM Tahun 2013 di 5 unit pelayanan :

1. LPSE Provinsi Jabar nilai 81,61 mutu A, kinerja  Sangat Baik
2. LPSE Provinsi Sulsel, nilai 81,54 mutu A kinerja Sangat Baik
3. LPSE Kota Surabaya nilai 80,08 mutu B kinerja Baik
4. LPSE Kota Yogyakarta nilai 77,90 mutu B kinerja Baik
5. LPSE Provinsi Kalsel nilai 75,22 mutu B kinerja Baik