KUNJUNGAN BAPPEDA PROVINSI BALI DALAM RANGKA KOORDINASI PERENCANAAN
Di Posting Oleh : HUMAS BAPPEDA JABAR, Tanggal : 26 Sep 2014 12:35 , Dilihat Sebanyak : 120 Kali

Bappeda Provinsi Jawa Barat menerima kunjungan dari Bappeda Provinsi Bali pada Jumat, (26/9). Rapat sekaligus silaturahmi ini digelar di Ruang Sidang B Bappeda Jabar dan dibuka oleh Sekretaris Bappeda Jabar Ir. Husain Achmad, MM., serta didampingi oleh Kepala Sub. Bagian Perencanaan dan Program Ir. Yuke Mauliani S, M.Si dan Kepala Bidang Pendanaan Pembangunan Dr. Imam Solihin, MA. Perwakilan Bappeda Provinsi Bali yang turut hadir dalam kunjungan tersebut diantaranya Sekretaris Bappeda Provinsi Bali, Kepala Bidang Penelitian, Kepala Bidang Pemerintahan, serta beberapa Kepala Sub Bidang lainnya.

Sekretaris Bappeda Provinsi Bali mengatakan bahwa tujuan mengunjungi Bappeda Jabar adalah untuk bersilaturahmi serta memperkenalkan diri lalu dilanjutkan dengan konsultasi agar Bappeda Provinsi Bali lebih maju lagi ke depannya. Ir. Husain Achmad, MM., selaku pimpinan rapat menyambut niatan baik tersebut dengan antusias.

“Bappeda Jabar mempunyai program unggulan, bisa dilihat dalam piramida terbalik. Peran Musrenbang di 4 wilayah yang dilakukan Bappeda Jabar diadopsi oleh Nasional (Bappenas). Lalu adanya peran aktif DPRD dari rancangan awal hingga akhir serta rencana kerja dari forum SKPD Provinsi. Kedepannya seluruh APBD harus tercantum dalam SKPD. Program unggulan lainnya adalah Jabar Masagi yang terdiri dari empat aspek, yaitu akademisi, pebisnis, komunitas, dan pemerintahan. Slogan Smart Planning yang memiliki arti S (Smart) M (Measurable) A (Achievable) R (Resources Availability) T (Time) yang diusung Bappeda Jabar pun menjadi andalan” tutur Ir. Husain Achmad.

Ir. Yuke Mauliani, M.Si menjelaskan mengenai RKPD Jabar Online. RKPD Jabar Online adalah suatu sistem informasi perencanaan pada tahapan pembuatan dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) secara online. RKPD Jabar Online-2101 adalah RKPD Jabar Online yang kapasaitas hingga 2101. Dengan RKPD Jabar Online semua entri data harus berstandar ISO 9001:2008. Back Log usulan kegiatan dapat diselesaikan dan terdokumentasi secara bersistem dan urut tahun berdasar kepada sistem RKPD Jabar Online 2101 yang berbentuk Decission Support System (DSS). Merencana hingga tahun 2101, RKPD Jabar Online yang akan memfasilitasi proses perencanaan sejak tahun 2013 untuk perencanaan tahun 2014 hingga tahun 2101.

Perencanaan dimulai per 1 Desember sampai Mei. Melalui situs resmi RKPD Jabar Online, Ir. Yuke Mauliani, M.Si memaparkan para OPD maupun masyarakat umum hanya perlu mengisi beberapa poin sederhana, diantaranya lokasi perencanaan pembangunan, apa yang akan dibangun, anggaran yang diperlukan serta alasan mengapa pembangunan tersebut perlu untuk direalisasikan.

“Semua orang boleh masuk RKPD online untuk kemajuan Jawa Barat,” pungkas Ir. Yuke Mauliani, M.Si.