Kota Bandung Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2021
Di Posting Oleh : bappeda jabar humas, Tanggal : 11 Mar 2020 14:29 , Dilihat Sebanyak : 93 Kali

KOTA BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Bandung Tahun 2021 di El Royale Hotel Kota Bandung, Rabu (11/3).

Mewakili Gubernur Provinsi Jawa Barat, Kepala Bappeda Jabar M. Taufiq Budi Santoso memberikan sambutan sekaligus menjadi narasumber dalam Musrenbang RKPD Kota Bandung Tahun 2021.

Musrenbang merupakan forum antar pemangku kepentingan dalam rangka menyusun rencana pembangunan Kota Bandung dan mensinkronkan rencana pembangunan Kota Bandung dan rencana pembangunan provinsi dan nasional. Merupakan kegiatan penyusunan rencana kerja pembangunan daerah, kegiatan ini dibuka oleh Walikota Bandung serta dihadiri oleh Staf Ahli Menteri PPN, DPRD Kota Bandung, Forkopimda, Bappeda Kabupaten dan Kota Tetangga, Perangkat Daerah Camat dan Lurah se-Kota Bandung, serta Perwakilan Akademisi dan Komunitas.

Usai pelaksanaan, Musrenbang diharapkan akan menghasilkan kesepakatan perencanaan pembangunan daerah meliputi sasaran dan prioritas pembangunan daerah serta program dan kegiatan yang terpadu dan terintegrasi baik lintas sektoral, lintas perangkat daerah dan lintas wilayah.

Taufiq mengatakan pendekatan usulan program dan kegiatan harus bersifat tematik, holistik, integratif dan spasial berorientasi pada prioritas untuk mencapai tujuan dan sasaran pembangunan guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Tema pembangunan Pemprov Jabar pada tahun 2021 adalah peningkatan daya saing daerah yang dimaknai dengan melakukan peningkatan produktivitas daerah melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia dan implementasi ekonomi inklusif dengan inovasi dan kolaborasi guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat daerah.

Berdasarkan sasaran makro pembangunan, isu strategis dan prioritas pembangunan daerah, rencana pembangunan di Kota Bandung perlu difokuskan pada peningkatan kualitas sumber daya manusia, meningkatakan layanan dasar, meningkatkan ekonomi masyarakat, pembangunan dan penataan kepariwisataan, peningkatan dan pemerataan infrastruktur strategis dan juga membangun angkutan masal.

Dalam RPJMD Provinsi Jawa Barat 2018-2023 telah ditargetkan sasaran indikator makro pembangunan Kota Bandung Tahun 2021 yaitu Indeks Pembangunan Manusia sebesar 82,11 dan Laju Pertumbuhan Ekonomi naik menjadi 7,8%.

Guna mewujudkan Visi Jawa Barat “Jabar Juara Lahir Batin dengan inovasi dan kolaborasi” dan juga Visi Kota Bandung yaitu “Terwujudnya Kota Bandung yang unggul, nyaman, sejahtera dan agamis”, Taufiq mengajak Warga Jawa Barat untuk terus berpartisipasi dalam rencana pembangunan daerah.

“Mari kita terus bersinergi dan berkolaborasi serta menjadikan inovasi sebagai pola pikir dan etos kerja kita untuk mendukung tercapainya visi Jawa Barat dan Kota Bandung,” ucap Taufiq.