Koordinasi Persiapan Perencanaan Dan Penganggaran 2016
Di Posting Oleh : HUMAS BAPPEDA JABAR, Tanggal : 03 Dec 2014 15:17 , Dilihat Sebanyak : 24 Kali

Sub Bagian Perencanaan dan Kegiatan Bappeda Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan koordinasi persiapan perencanaan dan penganggaran 2016 pada selasa (2/12) di Ruang Sidang Soehoed Warnaen Bappeda Jabar. Acara ini turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Jawa Barat Ir. H. Wawan Ridwan, M.MA., Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari, S.Sos., M.M., Kepala Bappeda Provinsi Jawa Barat Prof. Dr. Ir. Deny Juanda Puradimaja, DEA, serta Sekretaris Daerah Kabupaten /Kota se-Jawa Barat dan Kepala Bappeda Kabupaten/Kota se-Jawa Barat.

Sekda Provinsi Jawa Barat memaparkan bahwa pada perencanaan 2016, mekanisme pengumpulan program dan kegiatan dari OPD/Biro Provinsi, Kabupaten/Kota dan reses DPRD serta masyarakat seluruhnya sudah menggunakan sistem RKPD Jabar Online 2101. Hal ini sebagaimana telah diatur dalam  Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 52 Tahun 2014 tentang Penggunaan dan Pengelolaan Sistem RKPD Jabar Online 2101. Tahun 2016 merupakan tahun dilaksanakannya event nasional PON XIX dan Provinsi Jawa Barat telah ditunjuk menjadi tuan rumah sehingga seluruh pihak yang terlibat secara langsung harus memastikan bahwa pelaksanaan PON dilaksanakan dengan tertib sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat memberikan apresiasi kepada Bappeda Provinsi Jawa Barat yang telah menyelenggarakan kegiatan tahunan ini. Sistem RKPD sangat baik kedepannya pemerintah akan lebih bisa transparan dan lebih accountable sehingga seluruh masyarakat bisa mengetahui bagaimana perencanaan pembangunan dan perkembangannya di Jawa Barat secara langsung.

“Segala sesuatu yang baik dan kedepannya akan lebih baik, tentunya DPRD Provinsi Jawa Barat akan selalu mensupport kegiatan yang baik,”

Pada kesempatan tersebut, Kepala Bappeda Provinsi Jawa Barat menyampaikan bahwa terdapat kata kunci dari Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, yaitu buatlah perencanaan yang lebih baik dan bermutu sejak proses hingga perencanaan itu bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Di Jawa Barat, terdapat Rencana Kerja Jangka Panjang sampai tahun 2025 yaitu membangun sosok manusia dan fisik/infrastruktur. Saat ini, di Bappeda Jawa Barat sedang menyusun naskah akademik mengenai sosok pembangunan manusia di Jawa Barat.

“Sosok manusia Jawa Barat harus mempunyai lima nilai yaitu menjunjung tinggi kejujuran dan konsisten, tangguh dan disiplin, kepeloporan dan keteladanan, ramah dan bijaksana, serta kebersamaan dan kesetaraan” tambah Prof. Dr. Ir. Deny Juanda Puradimaja, DEA.

Dengan begitu, melalui RKPD Jabar Online 2101 diharapkan seluruh masyarakat dapat menjadi bagian dari perencanaan pembangunan daerah Provinsi Jawa Barat.

 

DOWNLOAD DOKUMEN LENGKAP: