Kepala Bappeda Sambangi Kegiatan Musrenbang Kabupaten Cirebon
Di Posting Oleh : bappeda jabar humas, Tanggal : 09 Mar 2017 19:42 , Dilihat Sebanyak : 146 Kali
Dokumentasi Humas Bappeda Jabar

Cirebon, Bappeda Jabar.- Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Provinsi Jawa Barat Ir. Yerry Yanuar, MM menghadiri kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Cirebon di Ball Room Hotel Verse Cirebon, Kamis (9/3/17).

Setelah acara dibuka oleh Bupati Cirebon Drs. H. Sunjaya Purwadi S. MM M.Si., Kepala Bappeda Jabar Yerry Yanuar memaparkan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Jawa Barat Tahun 2018.

Paparan yang disampaikan berupa; Pendahuluan yang merupakan harapan dan kebijakan pemerintah provinsi, Capaian Kinerja, Arah Kebijakan Pembangunan Pemerintah Provinsi 2013-2018, dan Kegiatan Pendanaan Pembangunan Jawa Barat hingga saat ini.

“Kita melihat bahwa suatu perencanaan itu harus sinergi dari perencanaan Pemerintah Pusat dengan Provinsi, maupun Kabupaten/Kota. Untuk itu ada pertanyaan mendasar, apakah perencanaan pembangunan yang kita buat sudah mampu mensejahterakan masyarakat?,” ujar Yerry disela-sela pidatonya.

Ia pun menambahkan bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan berkaitan dengan konteks kesejahteraan rakyat. Diantaranya mengurangi pengangguran, mengurangi kemiskinan, memanfaatkan lingkungan hidup sebagai sumberdaya alam untuk kehidupan masa kini dan nanti, serta bagaimana membangun infrastruktur dan meningkatkan pelayanan publik.

Diakhir paparan, Yerry berharap dengan digelarnya acara Musrenbang ini, kegiatan perencanaan dapat lebih memperhatikan/mengacu kepada apa yang dibutuhkan setiap wilayah, dan tentunya berkaitan dengan konteks kesejahteraan masyarakat.

Pada lawatannya ke kota udang, Yerry bersama rombongan juga bermaksud memantau jalannya kegiatan perencanaan tahunan di tingkat Kabupaten/Kota, sebelum menjalankan Musrenbang tingkat Provinsi pada 13 April mendatang.

Musrenbang Kabupaten Cirebon Merupakan tahapan dari rangkaian mekanisme perencanaan pembangunan di tingkat kabupaten, setelah dilaksanakan Musrenbang tingkat desa pada tanggal 4 –18 Januari. Pramusrenbang tingkat Kecamatan, tanggal 19– 28 Januari, Musrenbang tingkat Kecamatan tanggal 8– 16 Februari, dan Forum Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) tanggal 20 Februari – 1 Maret 2017.

Maksud dari kegiatan Musrenbang ini, untuk menampung segala aspirasi dari semua pemangku kepentingan dalam memformulasikan prioritas kebijakan, arah pembangunan, isu-isu strategis, dan sinkronisasi program prioritas sebagai bahan penyempurnaan untuk penetapan RKPD Kabupaten Cirebon tahun 2018.