Kepala Bappeda Provinsi Jawa Barat Raih Gelar Doktor dengan Predikat Cum Laude
Di Posting Oleh : bappeda jabar humas, Tanggal : 17 Jul 2018 10:50 , Dilihat Sebanyak : 130 Kali

BANDUNG, BAPPEDA JAWA BARAT — Kepala Bappeda Provinsi Jawa Barat telah menyelesaikan studi doktoralnya di bidang studi Teknik Geologi pada Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjajaran (Unpad). Kelulusan dengan predikat cum laude pun didapatkan setelah menjalani Sidang Promosi Doktor di Universitas Padjadjaran, Jumat (13/7).

Disertasi yang disusun oleh Yerry, sapaan akrabnya, berjudul “Model Kelayakan Pengembangan Geopark Ciletuh Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi Jawa Barat Berbasis Sumberdaya Geologi”.

Maksud dari penelitian yang disusun oleh Yerry adalah merumuskan kebijakan guna menjaga dan melestarikan potensi sumberdaya geologi secara berkelanjutan pada kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu, dengan memasukan pertimbangan secara terpadu kesatuan aspek sosial budaya, aspek ekonomi dan aspek sumberdaya geologi sebagai basis.

Disertasi yang disusun oleh Yerry relevan dengan tugas dan tanggung jawabnya sebagai Aparatur Sipil Negara, khususnya sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Barat.

“Penelitian ini diharapkan melengkapi khasanah pengetahuan yang telah dihasilkan penelitian-penelitian terdahulu, yang umumnya belum ditemukan penelitian tentang sumberdaya geologi di Geopark Ciletuh-Palabuhanratu yang mengintegrasikan dengan aspek sosial-budaya, aspek ekonomi dan aspek perumusan kebijakan publik secara terpadu,” ujar Yerry dalam sidang doktornya.

Hasil penyusunan disertasi tidak hanya akan berguna untuk kalangan akademi dan peneliti, tetapi juga bisa terkhusus bagi pemerintahan provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kabupaten Sukabumi, bagi Badan Geologi Kementrian ESDM – RI, bagi Komite Nasional Indonesia untuk Unesco (KNIU), bagi kalangan bisnis/pengusaha industri pariwisata dan industri mitra terkait.

Yerry Yanuar mempertahankan disertasinya dengan menjawab semua pertanyaan tim Promotor dan Professor dengan sangat baik. Ditemani istri, Dr. Suzy Anna, M.Si selama menjalani sidang, Yerry tak bisa menahan bahagia haru hingga meneteskan air mata setelah menerima sertifikat lulus cum laude dari Ketua Sidang Promosi Doktoral-nya. Yerry mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang sudah membantu hingga dapat menyelesaikan studi doktoralnya dengan nilai sangat memuaskan.

Yerry Yanuar memulai studi doktoralnya pada 2015, perhatiannya terhadap kawasan Geopark Ciletuh sudah dimulai sejak 2014 ketika menjadi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Jawa Barat yang sekaligus merangkap sebagai Plh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat kala itu.

Sidang Promosi Doktoral Yerry Yanuar dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa, dan juga pejabat PD di lingkungan Pemerintahan Provinsi Jawa Barat. (shinta)