Kepala Bappeda Jabar ingatkan Sinergitas dan Kolaborasi antar daerah di Acara Musrenbang RPJMD Garut
Di Posting Oleh : bappeda jabar humas, Tanggal : 25 Apr 2019 17:21 , Dilihat Sebanyak : 41 Kali

GARUT, BAPPEDA JABAR – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Provinsi Daerah (Bappeda) Provinsi Jawa Barat M. Taufiq Budi Santoso menghadiri kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Garut Tahun 2019-2024 di Gedung Pendopo Kabupaten Garut, Kamis (25/4).

Dalam paparannya, Taufik menekankan bahwa pentingnya sinergi dan kolaborasi antara semua tingkat Pemerintahan di Kabupaten Garut sebagai penjabaran dari RPJMD tahun 2019-2024.

“Implementasi kebijakan pembangunan harus dilakukan oleh semua tingkatan pemerintahan sesuai kewenangan masing-masing.” Jelasnya.

Taufiq menambahkan, Kabupaten Garut masuk kedalam Wilayah Pengembangan Priangan Timur dan Pangandaran, dimana dalam wilayah pengembangan ini Garut termasuk kedalam daerah yang akan dibangun beberapa proyek strategis Pemerintah Provinsi Jawa Barat antar lain yaitu: penataan kawasan daya tarik wisata Situ Bangendit di Kecamatan Banyuresmi, pembangunan pusat pengambangan budaya dan kreativitas Kabupaten Garut, pengembangan destinasi wisata Sayang Heulang, pembangunan Command Center Kabupaten Garut, reaktivasi jalur kereta api Cibatu – Garut – Cikajang serta program/kegiatan lainnya.

Semua proyek strategis yang akan dibangun di Kabupaten Garut adalah bentuk kepedulian Pemerintah Provinsi Jawa Barat terhadap perkembangan pembangunan daerah di Kabupaten Garut sehingga dapat mewujudkan Kabupaten Garut yang bertaqwa, maju dan sejahtera.

Musrenbang Tingkat Kabupaten Garut dilaksanakan dalam rangka penyusunan RPJMD 2019-2024 yang merupakan dokumen perencanaan untuk jangka waktu 5 tahun, yang memuat visi, misi, tujuan, strategi, arah kebijakan, sasaran, strategi, arah kebijakan, dan program pembangunan Daerah yang telah dirumuskan dalam rancangan awal RPJMD. Selain itu musrenbang ini pula merupakan wahana komunikasi antar pihak-pihak yang langsung mendapatkan manfaat atau dampak dari program dan kegiatan pembangunan di Kab Garut, sebagai perwujudan dari pendekatan partisipatif dalam perencanaan pembangunan daerah.

Sesuai Visi Pemerintahan Kab Garut, acara ini juga mengusung tema “Terwujudnya Garut yang Bertaqwa, Maju dan Sejahtera,” diharapkan kegiatan ini tersusun Dokumen RPJMD Kabupaten Garut Tahun 2019-2024 secara sistematis, sinergis, terarah, terpadu, menyeluruh, serta berkelanjutan dan tanggap terhadap perubahan.

Hadir dalam kegiatan ini, unsur pemerintah lingkungan Provinsi Jawa Barat, Unsur Pejabat Negara dan Muspida Kab. Garut, Unsur Pemerintah Kabupaten Garut, Unsur Dunia Usaha, Perbankan, Profesi, Perguruan Tinggi, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat serta Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dilingkungan Kab. Garut.