Kepala Bappeda Jabar Hadiri Workshop Membangun Komitmen Daerah dan Kelembagaan dalam Upaya Penanganan Stunting
Di Posting Oleh : bappeda jabar humas, Tanggal : 24 Jun 2019 20:23 , Dilihat Sebanyak : 29 Kali

MEDAN, BAPPEDA JABAR – Kepala Bappeda Provinsi Jawa Barat, M. Taufiq Budi Santoso menghadiri Acara Workshop Membangun Komitmen Daerah dan Kelembagaan dalam Upaya Penanganan Stunting T.A 2019 di Hotel Four Points by sheraton, Medan, Senin (24/06).

Workshop berlangsung dari 24-27 Juni 2019, diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah, Kementerian Dalam Negeri RI dalam rangka mencegah dan menurunkan angka stunting di Indonesia.

Tujuan dari acara ini yaitu, 1. Memperkuat peran dan rencana kerja tim koordinasi provinsi dan kabupaten/kota dalam pelaksanaan aksi konvergensi/integrasi; 2.Mengkoordinasikan penanganan isu-isu dalam pelaksanaan aksi konvergensi/integrasi berdasarkan review kemajuan pelaksanaan aksi konvergensi/integrasi sampai dengan Maret 2019; 3. Sharing pembelajaran antara kabupaten/kota dalam pelaksanaan aksi konvergensi/integrasi; 4. Meningkatkan kapasitas provinsi untuk melaksanakan pedoman penilaian kinerja kabupaten/kota.

Selain itu hasil yang diharapakan dalam acara ini diantaranya, 1. Meningkatnya pemahaman peran Provinsi dan kabupaten/kota dalam pelaksanaan aksi konvergensi/integrasi; 2. Penguatan pemahaman pendekatan konvegensi program berkaitan sebaran prevalensi stunting; 3.Teridentifikasinya praktik-praktik baik dalam pelaksanaan aksi konvergensi/integrasi; 4. Penguatan dan pengelolaan manajemen data berkaitan dengan data bulan penimbangan balita; 5. Penguatan pemahaman peran desa dalam percepatan pencegahan stunting; 6. Terjadinya sharing pembelajaran praktek-praktek baik dalam melaksanakan intervensi gizi terintegrasi dari berbagai kabupaten; 7. Pemerintah provinsi dan kabupaten/kota mengetahui mekanisme dan tata cara melaksanakan penilaian kinerja kabupaten.

Semoga wrokshop ini menjadi pijakan dan rujukan dalam penanganan stunting khususnya di Provinsi Jawa Barat, sehingga masyarakat Jabar Juara, Sehat, Sejahtera Lahir dan Batin.