Kembangkan Sapi Pasundan, Jabar Sudah Punya Pejantan Banteng
Di Posting Oleh : HUMAS BAPPEDA JABAR, Tanggal : 09 Aug 2016 11:56 , Dilihat Sebanyak : 101 Kali

Bisnis.com, Bandung.- Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus memacu pengembangan sapi pasundan menyusul kepemilikan pejantan asli hasil dari penelitian yang sudah dilakukan sejak lama.

Kepala Dinas Peternakan (Disnak) Jabar Dody Firman Nugraha mengaku saat ini pihaknya sudah memiliki satu pejantan keturunan banteng, yang merupakan gen asli dari sapi pasundan.

“Sapi pasundan sudah punya pejantan asli banteng, karena sapi pasundan memang turunan dari banteng,” ujarnya kepada Bisnis.com, Minggu (7/8).

Kendati masih memiliki satu pejantan, ujarnya, sperma dari binatang tersebut terus dikembangkan di balai penelitian. Hal ini dilakukan agar pengembangan pejantan dapat dengan cepat dilakukan sehingga penambahan populasi bisa meningkat.

“Sperma diberikan ke balai maupun sapi milik peternak. Sekarang sedang memperbanyak sperma-nya. Jadi alhamdulilah satu gerakan lebih cepat, kemarin masih menjaring pejantan,” paparnya.

Dia menyebutkan, saat ini populasi sapi pasundan di Jabar hanya mencapai 50.000 ekor yang tersebar di wilayah selatan seperti Garut, Ciamis, Tasikmalaya, Cianjur, dan lainnya.