Di Posting Oleh : HUMAS BAPPEDA JABAR, Tanggal : 22 Sep 2014 14:56 , Dilihat Sebanyak : 5 Kali

Apel pagi, Senin 22/09 yang dilakukan oleh Bappeda Provinsi Jawa Barat ini sedikit berbeda dari biasanya. Apel digelar di kantor Badan Penelitian, Pengembangan, dan Penerapan Iptek (BP3IPTEK) Jl. Citarum No. 8 Bandung pada pukul 07.30 WIB.

“Sebelumnya Ini adalah rumah tempat tinggal ketua DPRD Provinsi Jabar, sebuah tempat yang mewakili rakyat. Apapun yang kita kerjakan harus berorientasi kepada kebutuhan masyarakat Jabar “ tutur Prof. Dr. Ir. Deny Juanda Puradimaja,, DEA.

Gedung yang sudah ditetapkan menjadi kantor BP3IPTEK tersebut tadinya digunakan sebagai rumah dinas ketua DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar). Rencanannya mulai tanggal 1 Oktober mendatang, BP3IPTEK sudah beroprasi penuh. Sehingga segala kebutuhan gedung termasuk penyesuaian orgaisasi sedang dipersiapkan.

Dalam arahan Prof. Deny, selain harus memiliki orientasi terhadap kebutuhan masyarakat Jabar, beliau menambahkan bahwa (1) Bukan hanya mempersiapkan gedung dan berkoordinasi dengan pemerintah Jabar saja, melaikan harus mempersiapkan ketua BP3IPTEK. (2) selain organisasi, mengenai personil beliau akan berusaha untuk mewujudkan sesuai dengan amanat dari Perda.

Bersama-sama ketua yang baru, kita akan berusaha untuk meluruskan beberapa hal, bahwa BP3IPTEK itu bukan badan administrasi tetapi badan penelitian, pengembangan dan penerapan iptek. BP3IPTEK bukan berorientasi pada proses, dan kecukupan bukti saja, tetapi mempunyai ketepatan output dan outcome yang dapat terasa langsung oleh masyarakat.

“Istilah saya produk BP3IPTEK itu adalah “kasurupan” yakni (diharapkan menjelma menjadi kebijakan seluruh OPD, Provinsi, Kab/Kota) yang semua pimpinannya menyatakan bahwa jangan ada perencanaan pembangunan tanpa penelitian dan penerapan iptek yang  tepat. Oleh karna itu saya minta BP3IPTEK untuk tampil percaya diri menjadi peneliti” ujarnya.

Sebelum apel pagi yang dihadiri oleh beberapa kepala bidang yakni Sub. Bagian Kepegawaian Umum dan Kabid penelitian, pengendalian dan evaluasi berakhir, Prof. Deny mengajak untuk mewujudkan Jabar sukses dalam iman dan taqwa, serta sukses dalam iptek. Beliau menghimbau agar semua pihak mulai mencoba membiasakan tidak melaksanakan kegiatan diwaktu solat.

“mari kita berkerja diluar waktu solat” tuturnya. (Rizal)